sign up SIGN UP search


trending

Cek Efektivitas 5 Jenis Vaksin COVID-19 di Indonesia, Bunda Perlu Tahu

Annisa A Minggu, 18 Jul 2021 12:41 WIB
Scientists are done research on vaccine in laboratory with test tubes on Covid19 Coronavirus type for discover vaccine. Foto: Getty Images/iStockphoto/chayakorn lotongkum
Jakarta -

Pemerintah semakin gencar menjalankan program vaksinasi COVID-19. Tak hanya masyarakat berusia 18 tahun ke atas, anak usia 12-17 tahun juga sudah bisa mengikuti program vaksinasi saat ini, Bunda.

Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk menekan angka penularan COVID-19 yang semakin melonjak. Apalagi kini Indonesia dijuluki episenter pandemi COVID-19 di Asia, menggantikan India.

Tambahan 54.517 kasus COVID-19 hingga Rabu (15/7/21) membuat vaksinasi sebagai upaya pencegahan menjadi sangat penting. Saat ini sudah ada lima jenis vaksin COVID-19 yang mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA).

Izin tersebut diperoleh dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga sudah teruji keamanannya. Adapun lima vaksin tersebut yakni Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, dan Pfizer.

Terkait dengan efek samping, setiap orang akan mengalami respons tubuh yang berbeda usai mendapatkan vaksin. Jadi jangan khawatir karena efek sampingnya terbilang cukup ringan seperti pegal pada lengan, demam ringan, kelelahan, sakit kepala, dan nyeri otot atau sendi.

Kelima vaksin COVID-19 juga dirancang dengan teknik yang berbeda sehingga menghasilkan efektivitas yang berbeda pula. Lantas, vaksin mana yang paling efektif untuk menangkal COVID-19?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Saksikan juga video tips  membujuk ART agar mau vaksin dan tes PCR.


[Gambas:Video Haibunda]

(anm/pri)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi