sign up SIGN UP search


trending

Bisa Kuliah Gratis, Ini 20 Daftar Kampus Beasiswa S1 Kemendikbud BIM 2022

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 13 Apr 2022 14:56 WIB
Ilustrasi lulus kuliah wisuda pendidikan beasiswa caption
Jakarta -

Pengumuman SNMPTN sudah berlalu, Bunda. Beberapa calon mahasiswa mungkin berhasil lolos dan mendapatkan kampus impiannya. Namun, tak sedikit calon mahasiswa yang tidak lolos.

Tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk masuk ke dalam universitas yang diidamkan, nih. Mulai dari SBMPTN atau tes tulis hingga jalur mandiri.

Selain melewati jalur-jalur tersebut, calon mahasiswa baru juga bisa masuk ke dalam kampus yang diidamkan lewat program beasiswa.


Ada banyak perusahaan bahkan kementerian yang menyediakan beasiswa untuk calon mahasiswa baru berprestasi, Bunda. Salah satunya adalah beasiswa S1 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Beasiswa S1 Kemendikbud Beasiswa Pendidikan Indoonesia (BPI) akan segera di buka pada bulan April 2022 ini, Bunda. Di samping beasiswa calon guru SMK dan beasiswa pelaku budaya, beasiswa S1 BPI tahun ini juga akan dibuka dalam program Beasiswa Indonesia Maju (BIM).

Untuk Bunda yang belum tahu, beasiswa BPI Kemendikbud merupakan beasiswa pemerintah yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) dan unit-unit utama Kemendikbudristek dengan dana dari LPDP. Nantinya, peserta berprestasi terpilih akan mendapatkan beasiswa uang kuliah hingga biaya hidup, lho.

Beasiswa S1 BIM Kemendikbud ini akan dibuka di ratusan perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN dan PTS), baik di dalam negeri maupun kampus luar negeri.

Setiap kampus yang membuka beasiswa S1 terdapat pada prodi-prodi tertentu saja, Bunda. Untuk lebih lengkapnya, Bunda bisa melihat langsung daftar PTN dan PTS beserta prodinya pada laman beasiswa.kemdikbud.go.id.

Banner Anak Siti KDI Dibully

Daftar kampus beasiswa S1 Kemendikbud BIM

Mengutip dari laman Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek, setidaknya ada 20 kampus dalam negeri yang terdaftar dalam beasiswa S1 Kemendikbud BIM 2022, Bunda. Simak deretannya berikut ini:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
3. Universitas Brawijaya (UB)
4. Universitas Diponegoro (Undip)
5. Institut Pertanian Bogor (IPB) University
6. Universitas Sebelas Maret (UNS)
7. Universitas Syiah Kuala (USK)
8. Universitas Sriwijaya (Unsri)
9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta)
10. Universitas Udayana (Unud)
11. Universitas Terbuka (UT)
12. Universitas Halu Oleo (UHO)
13. Universitas Cenderawasih (Uncen)
14. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
15. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (ISI Yogyakarta)

Lantas kampus dalam negeri mana lagi yang masuk ke dalam daftar beasiswa S1 Kemendikbud? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(mua/mua)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!