sign up SIGN UP search

trending

Foto Terbaru Tukul Arwana Diunggah Sang Anak, Kabarnya Kini...

Mutiara Putri   |   Haibunda Sabtu, 27 Aug 2022 09:30 WIB
TRAUMA KEPALA HINGGA ANEURISMA
Medical illustration of a brain with stroke symptoms caption

Faktor penyebab pendarahan otak

Mengutip dari laman WebMD, ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab pendarahan otak seperti yang dialami oleh Tukul, Bunda. Kalau penasaran, berikut ini deretannya.

1. Trauma kepala

Trauma atau cedera kepala merupakan penyebab paling umum pendarahan otak, Bunda. Hal ini lebih sering terjadi pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun, lho.

Biasanya, seseorang mengalami cedera kepala karena terlibat dalam olahraga dan jenis kegiatan tertentu. Penderita trauma atau cedera kepala bisa mengalami cacat permanen, gangguan mental, bahkan kematian.


2. Tumor otak

Tumor otak adalah sekelompok sel tidak normal yang tumbuh di luar kendali otak. Beberapa tumor otak memang bersifat jinak selama tidak tumbuhnya sel-sel kanker.

Gejala tumor otak juga bervariasi, tergantung jenis dan letak tumor berada. Meski begitu, beberapa tumor tidak memiliki gejala besar dan menyebabkan penurunan kesehatan yang serius dan cepat.

3. Aneurisma

Aneurisma merupakan penyakit melemahnya dinding pembuluh darah yang bengkak. Jika terjadi, mereka bisa pecah dan berdarah ke otak sehingga dapat menyebabkan stroke.

Kalau Bunda mengidap aneurisma, itu berarti Bunda memiliki benjolan di dinding arteri, Bunda. Tak hanya itu, aneurisma bisa terjadi di pembuluh darah manapun seperti dada atau perut.

(mua)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!