sign up SIGN UP search

trending

Cerita Mahasiswi IPB Mualaf Diusir Keluarga & Kehilangan Beasiswa, Kini Kuliah di Turki

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 04 Oct 2022 18:55 WIB
IPK KECIL TAPI BISA KETERIMA KERJA SEKALIGUS KULIAH DI TURKI
arnita caption

IPK kecil tapi bisa kerja sekaligus kuliah di Turki

Arnita mengaku lulus kuliah dengan IPK yang terbilang kecil. Namun, itu tidak menurunkan semangatnya untuk mencari kerja. Ia pun bertekad untuk mencari kerja di luar negeri karena ia tahu bahwa akan sulit bila melamar kerja di Indonesia dengan IPKnya itu.

“Jadi, saya IPKnya, 2,93. Saya sadar diri kalau di Indonesia, saya enggak akan jadi apa-apa. Kalau saya enggak jadi apa-apa, keluarga dari bapak saya akan menyangkutkan Islam dengan nasib saya,” kata Arnita.

Dengan tekadnya itu, akhirnya Arnita terus berusaha mencari pekerjaan melalui platform lowongan kerja. Ia pun akhirnya melamar ke salah satu perusahaan multinasional di Turki, setelah melalui proses rekrutmennya, Arnita dinyatakan diterima bekerja.


Banner Ucapan Agar Anak Cerdas

Setelah itu, dirinya mengatakan bahwa sangat disayangkan bila hanya bekerja saja di Turki. Akhirnya ia memberikan tawaran kepada direktur perusahaannya untuk memberikan beasiswa sekolah di Turki juga.

“Nah, terus aku bilang ke direkturnya minta beasiswa untuk lanjut kuliah. Akhirnya mereka lihat potensi saya, dan akhirnya disetujui. Tapi, mereka enggak cover biaya lainnya, hanya uang kuliah saja,” ujar Arnita.

Setelah mengikuti tes masuk perguruan tinggi di Turki, dari 2.080 peserta hanya ada 30 peserta yang lolos. Siapa sangka? Ternyata Arnita berhasil menduduki peringkat ke-15 dan satu-satunya mahasiswi Indonesia yang lolos ke universitas tersebut.

“Dari 2.080 peserta yang daftar diseleksi masuk 30 peserta, saya ranking 15 dan satu-satunya orang Indonesia yang lolos ke universitas itu tahun ini dan orang pertama dari IPB yang kuliah di kampus itu,” kata Arnita.

Dirinya pun menyampaikan bahwa menjadi seorang Muslim itu bukan orang yang jahat. “Saya mau tunjukkin ke orang tua saya juga dengan saya menjadi Islam atau ke orang-orang yang dulunya nge-judge saya jadi teroris atau sebagainya saya mau tunjukkin enggak seperti itu,” jelas Arnita.

 

(asa)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!