sign up SIGN UP search

trending

Dulu Terkenal, Aji Yusman Kini Terpuruk usai Ortu Meninggal & Istri Alami Stillbirth

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 17 Jan 2023 20:05 WIB
AJI MENURUNKAN EGO UNTUK BUKA DONASI
Aji Yusman caption

Aji & istri tak punya biaya untuk operasi caesar

Aji Yusman meminta dokter untuk mengulur waktu melakukan tindakan operasi karena tak memiliki biaya. Padahal, saat itu kondisi istrinya, Saskia, sudah lemah dengan tekanan darah yang baik drastis.

"Harusnya setik itu juga operasi caesar karena begitu Saskia dengar anaknya enggak ada, itu tekanan darahnya naik dari 185 ke 215, dia pingsan dan dokter bilang 'ini (janin) sudah meninggal 3 sampai 4 hari lalu, kenapa saya asumsi seperti itu karena berdasarkan medis otaknya sudah membengkak selayaknya jenazah yang sudah meninggal'," kata Aji.

"Jadi saya bilang ke dokter, saya butuh waktu. Kalau dilakukan tindakan caesar saat ini saya enggak mampu, saya enggak ada kartu kesehatan, saya enggak ada BPJS. Akhirnya dengan terpaksa dokter kasih obat seperti painkiller, obat penenang, buat kasih waktu," sambungnya.


Banner 13 Cara agar Bayi Cerdas Sejak dalam Kandungan

Selama enam hari, Saskia membawa janin dalam kandungannya yang sudah meninggal dunia. Selama itu pula, ia mengalami sakit kepala parah karena tekanan darah yang naik.

Aji pun memutuskan untuk membuka donasi agar sang istri bisa menjalani operasi caesar. Keputusan ini diambil atas saran Saskia yang memintanya untuk menurunkan ego dan rasa malu.

"Waktu itu kita enggak bisa tunda lagi karena sakit kepalanya sudah berkali-kali lipat, (perut) melilit," ungkap Aji.

Anak keempat Aji keluar tanpa operasi

Cobaan Aji dan istri akhirnya berakhir, tapi tidak sesuai dengan ekspektasi keduanya. Janin di dalam kandungan Saskia justru lahir tanpa harus dioperasi, Bunda.

Saskia melahirkan anak keempatnya yang sudah meninggal saat berada di rumah sakit. Ia melahirkan normal tanpa bantuan medis dari dokter.

"Itu yang mengeluarkan jenazah anak kami bukan rumah sakit, pada akhirnya Allah sendiri, itu keluar langsung. Dokter pernah memperkirakan dan bilang, 'Bang, kalau anak ini keluar, persiapkan mental, ini sudah lama, mungkin keluar tidak dalam semestinya'," ujar Aji.

"Tapi, Masyaallah itu begitu keluar rapi, enggak bau, enggak ada yang kurang, keluar sendiri tanpa bantuan dokter di rumah sakit."

Kondisi Saskia usai alami stillbirth 

Saat ini, Saskia masih dirundung duka mendalam karena kehilangan anak keempatnya. Meski sudah ikhlas, ia masih sering menangis bila mengingat semuanya, Bunda.

Tak hanya itu, tekanan darah Saskia pun masih belum stabil meski janin dalam kandungannya sudah keluar. Ia bahkan masih mengalami rasa sakit di daerah perut.

"Belum merasa baik, karena hipertensi masih naik turun, munkin aku masih kepikiran juga, perut juga masih agak suka sakit," kata Saskia.

Preeklamsia menjadi penyebab Saskia kehilangan anak keempatnya. Saskia sendiri pernah mengalami preeklamsia saat kehamilan ketiga. Namun, saat itu tekanan darahnya tidak tinggi seperti saat hamil anak keempat.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!