sign up SIGN UP search

trending

Viral Buaya 'Antarkan' Jasad Balita di Sungai Mahakam, Ini Pendapat Ahli

Mutiara Putri   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 12:40 WIB
Nile Crocodile. Kruger National Park. South Africa. caption
Jakarta -

Belum lama ini ramai terdengar kisah seekor buaya yang 'antarkan' jasad balita berusia 4 tahun yang tewas tenggelam di Sungai Mahakam, Bunda. Balita bernama Muhammad Ziyad Wijaya ini sebelumnya dikabarkan hilang beberapa hari sebelumnya.

Tim SAR mengungkapkan bagaimana buaya tersebut membawa jasad Ziyad ke tepi sungai dekat perkampungan. Ziyad diseret sang buaya dengan cara digigit pada bagian punggung.

"Pada saat itu buaya menarik menggigit punggung bocah itu menggunakan mulut," ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kaltim, Melkianus Kotta kepada detikSulsel.


Melkianus mengungkapkan, orang yang pertama kali melihat buaya membawa jasad bocah tersebut adalah salah satu petugas keamanan di sekitar lokasi. Kala itu, sekuriti melihat buaya tengah berenang dengan membawa tubuh korban.

"Itu dari tengah sungai buayanya berenang jaraknya sekitar 200 meter itu lalu ke pinggir sungai," tuturnya.

Ketika sudah sampai di pinggir sungai, buaya tersebut sempat tenggelam sambil membawa tubuh Ziyad sebanyak tiga kali, Bunda. Setelahnya, buaya pun melepaskan jasad bocah tersebut dan tubuh Ziyad muncul ke permukaan.

Fenomena ini kemudian menarik perhatian banyak orang. Pasalnya, seperti tidak mungkin buaya yang merupakan jenis hewan predator tidak memakan jasad balita tersebut.

Pendapat ahli herpetologi

Menurut Ahli Herpetologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Amir Hamidy, fenomena buaya yang membawa jasad balita ke tepi sungai sehingga bisa ditemukan warga.

Amir mengatakan peristiwa tersebut secara alami karena insting buaya yang kerap memindahkan mangsa. Buaya tersebut kemungkinan akan menjadikan jasad balita sebagai mangsa dan bukan ingin mengantarkannya.

"Kita melihat dia (buaya) seakan-akan mengantarkan jenazah. Tapi sebenarnya, kebetulan saja ketika manusia menemukan, buayanya menghindar terus mangsanya ditinggal," kata Amir pada CNNIndonesia, Senin (23/1/2023).

Lebih lanjut, ia mengatakan buaya memang tidak langsung memakan mangsa secara bulat-bulat layaknya ular. Buaya biasanya menenggelamkan mangsanya beberapa hari dan menyembunyikannya di bawah akar-akar bawah sungai.

Apa tujuan buaya melakukan hal ini ya, Bunda? TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Lihat juga video tanda anak alami gangguan ginjal akut berikut ini:

(mua/mua)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!