aktivitas

Trik Ibu Meminumkan Obat ke Bayinya Tanpa Ada 'Drama'

Radian Nyi Sukmasari 30 Okt 2017
Trik Ibu Meminumkan Obat ke Bayinya Tanpa Ada Drama/ Foto: thinkstock Trik Ibu Meminumkan Obat ke Bayinya Tanpa Ada 'Drama'/ Foto: thinkstock
Jakarta - Memberi obat si kecil apalagi yang masih bayi bisa jadi 'PR' alias pekerjaan rumah buat para bunda. Hal ini juga yang dialami seorang bunda bernama Helena Lee. Tapi, sebuah trik yang dia lakukan sukses membuat si kecil minum obat tanpa adanya 'drama'.

Helena yang bekerja di NHS bilang memberi si kecil Alfie obat penurun panas beberapa waktu lalu jadi momen penuh perjuangan banget, Bun. Beda ketika Helena meminumkan obat ke anak pertamanya Harrison (4) saat masih bayi. Berbagai cara sudah dicoba Helena tapi hasilnya nihil.

"Saya sudah mencoba meneteskan obat pakai pipet sedikit demi sedikit, memberinya sekaligus, sambil makan, bahkan sudah saya coba memberi obat pakai sendok tapi dia hanya meludahkannya," kata Helena dikutip dari The Sun.

Karena kewalahan putranya nggak berhasil minum obat, Helena punya ide. Dia menaruh alat suntik tanpa jarum pastinya, di ujung dot Alfie. Jadi, seakan-akan Alfie sedang ngedot padahal yang diisapnya adalah obat, Bun. Berhasil! Trik Helena bikin Alfie sukses minum obat tanpa adanya penolakan dan tangisan.

Trik yang sukses membuat Alfie minum obat ini dibagikan Helena ke Facebook-nya. Sejak diunggah pada 14 Oktober lalu, postingan Helena sudah dibagikan lebih dari 130 ribu kali. Dalam keterangan foto, Helena menulis kalau hampir 24 jam dia sudah berusaha meminumkan obat ke Alfie pakai pipet, namun gagal terus.

Trik ibu minumkan bayinya obatTrik ibu minumkan bayinya obat (Foto: Facebook/ Helena Lee)


"Tapi saya ingat trik ini dan tidak ada sedikit obat yang terbuang dan nggak ada air mata," tulis Helena. Salah satu netizen mengaku juga melakukan trik itu agar bayinya bisa minum obat. Sementara itu, netizen lain menyesal kenapa dia baru tahu trik itu baru-baru ini.

Ngomong-ngomong soal meminumkan obat ke anak terutama bayi, dr Sandra Darmawan SpA dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, bilang cara yang disarankan yaitu kita taruh pipet berisi obat sirup tersebut di samping pipi bagian dalam dan diberis sedikit demi sedikit. Tujuannga, agar obat nggak terlalu terasa untuk anak.

Baca juga: 6 Cara Atasi Pilek si Kecil Tanpa Obat

"Makanya, jangan langsung disemprotkan di tengah tenggorokan. Menaruh sirup pakai pipet langsung di tengah tenggorokan bisa bikin bayi berisiko tersedak. Apalagi, kalau posisi meminumkan obatnya kurang tepat, misalnya anak terlalu dalam posisi tiduran. Terus, obat yang disemprotkan langsung di tengah tenggorokan juga bisa menimbulkan rasa kurang nyaman ke anak," kata dr Sandra.

Nah, dikutip dari bukunya 'Mommyclopedia, Panduan Lengkap Merawat Bayi 0-1 Tahun', dr Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Seotomo Surabaya mengatakan cara meminumkan bayi obat yaitu posisikan bayi dalam keadaan duduk. Kemudian, pegang erat salah satu tangannya dan tempatkan tangan bayi yang lain di pinggang ibu.

Dengan lembut, gores pipi bayi perlahan. Kata dr Meta cara ini akan merangsang bayi membuka mulut. Lalu, pakai spuit yang sudah dilepas jarumnya, masukkan obat ke syringe. Dorong spuit perlahan di sisi dalam pipi bayi atau di sebelah lidah agar obat nggak begitu terasa.

"Jangan memasukkan obat dengan syringe langsung ke belakang tenggorokan bayi untuk menghindari tersedak. Kalau bayi sudah menelan obat, kasih minum agar obat bisa tertelan seluruhnya," tutur dr Meta.

Baca juga: Hai Bunda, Begini Panduan Pemberian Makan Anak Sampai Usia 1 Tahun (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi