aktivitas

Kenapa 'Mama' Umum Jadi Kata Pertama yang Diucapkan Anak?

Radian Nyi Sukmasari 03 Mar 2018
Kenapa Mama Umum Jadi Kata Pertama yang Diucapkan Anak?/ Foto: dok.HaiBunda Kenapa 'Mama' Umum Jadi Kata Pertama yang Diucapkan Anak?/ Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Mendengar si kecil bisa bicara satu kata yang jelas pasti menyenangkan dong, Bun. Misalnya ketika si kecil bisa mengucapkan kata 'mama' dan 'papa'. Ya, walaupun sebenarnya kita nggak membahasakan anak memanggil kita mama atau ayahnya dengan sebutan papa.

Kayak dua keponakan saya, Bun. Dari awal mereka terbiasa memanggil bundanya mama. Berlanjut sampai mereka SD, masih memanggil bundanya dengan sebutan mama. Padahal, kakak saya sudah membahasakan dirinya ibu. Tapi, lama kelamaan keponakan saya pun dibiasakan memanggil ibu dan kini mereka sudah memanggil bundanya dengan sebutan ibu. Hmm, saya jadi berpikir kenapa ya umumnya mama jadi kata pertama yang diucapkan anak dan bermakna yakni merujuk pada ibunya.

Kata Heather Goad, pakar linguistik dari Montreal's McGill University memang lebih mudah mengucapkan kata mama atau papa ketimbang ibu atau bapak. Soalnya, kata mama bisa diucapkan ketika mulut melakukan gerakan sederhana, nggak perlu membuka dan menutup mulut. Ibaratnya, usaha untuk mengucapkan kata mama dan papa nggak terlalu berat, Bun. He-he-he.

"Sementara untuk mengucapkan kata dengan huruf depan T, N, dan D itu lebih rumit karena butuh gesture lidah. Kalau mengucapkan kata dengan huruf depan P, B, dan M, ini melibatkan kedua bibir kita dan hanya tinggal mengucapkan. Itu lebih mudah," kata Heather dikutip dari The Globe and Mail.



Coba kita praktikkan, Bun. Saat mengucapkan kata Tata, Dada, atau Nana kita perlu meletakkan lidah di belakang gigi atau agak menjauh lagi. Nah, buat anak-anak yang baru bisa ngomong, membuat gesture termasuk memanipulasi lidah pastinya lebih butuh usaha. Jadi, kata Heather nggak heran kalau umumnya anak mengucapkan kata mama atau papa sebagai kata pertama yang bermakna padahal mereka sudah dibiasakan memanggil orang tuanya dengan sebutan lain.

Dilansir Web MD, bayi akan mulai cooing atau mengeluarkan kata 'aaa' atau 'uuu' di umur 2 bulan dan mulai babbling di usia 6 bulan. Di umur satu tahun dia mulai mengucapkan kata pertamanya. Lalu, di umur 18 bulan anak mulai ngoceh tuh, Bun .

Di umur 2 tahun, anak umumnya udah bisa mengucapkan minimal 50 kata. Dia juga udah bisa mengucapkan dua kata bertujuan misalnya 'susu habis'. Buat Bunda dan Ayah, perlu diperhatikan nih. Kalau di umur 18 bulan anak belum mengucapkan kata-kata ada baiknya kita ajak mereka konsultasi Ke dokter. Ajak juga anak konsultasi ketika di umur 2 tahun mereka belum bisa mengucapkan lebih dari 50 kata ya, Bun.

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi