aktivitas

Tips Pakaikan Anak Tabir Surya Tanpa Drama

Radian Nyi Sukmasari 10 Jun 2018
ilustrasi tabir surya anak/ Foto: thinkstock ilustrasi tabir surya anak/ Foto: thinkstock
Jakarta - Namanya anak usia batita (di bawah tiga tahun), umumnya mereka lagi senang ke sana ke mari alias nggak bisa anteng nih, Bun. Salah satunya ketika dipakaikan tabir surya. Padahal, anak hendak berenang atau main ke pantai.

Kalau pemakaian tabir suryanya nggak optimal, duh bisa-bisa kulit si kecil kenapa-kenapa nih. Nah, karena memakaikan tabir surya ke batita kadang nggak mudah, ada beberapa tips yang bisa Bunda terapkan supaya berhasil mengoleskan tabir surya ke si kecil, seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber berikut ini.

1. Sama-sama Pakai Tabir Surya

Kalau kebetulan kita juga hendak berenang atau main ke pantai, nggak ada salahnya sama-sama memakai tabir surya, Bun. Caranya, biarkan anak mengoleskan tabir surya ke tubuh Bunda kemudian gantian Bunda yang mengoleskan tabir surya tersebut ke tubuh anak.

Dalam melakukan ini, kita ingat aja prinsip children see children do, Bun. Kata piskolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi anak akan lebih mudah melakukan sesuatu yang dicontohkan oleh orang tuanya. Jadi, jangan segan jadi role model buat anak ya.



2. Waktunya Face and Body Painting!

Ada cara asyik yang bisa dilakukan supaya anak mau dioleskan tabir surya di wajah dan tubuhnya. Ya, dengan menjadikan tabir surya bahan mem-face painting mereka, Bun. Pelan-pelan kita oleskan tabir surya ke wajah dan tubuh anak kemudian perlahan ratakan tabir suryanya. Pastikan saat melakukan ini kita dan si kecil dalam kondisi happy ya, Bun. Sehingga, proses pemakaian tabir surya juga berjalan dengan baik.

3. Taruh di Car Seat Lebih Dulu

Jika Bunda kebetulan pergi naik mobil dan anak duduk di car seat, bisa nih kita manfaatkan situasi ini. Jadi, dalam keadaan anak duduk di car seat kita pakaikan mereka tabir surya. Mungkin ada bagian belakang tubuh yang nggak teroles tabir surya tapi senggaknya ini lebih baik kan, Bun, ketimbang anak nggak pakai tabir surya sama sekali?

4. Beri Penjelasan ke Anak

Percayalah, Bun, anak ngerti kok kalau kita ajak bicara. Termasuk soal pemakaian tabir surya ini. Beri penjelasa ke anak mengapa dia harus memakai tabir surya. Kemudian, jelaskan juga apa konsekuensi yang bisa terjadi ketika anak nggak pakai tabir surya. Ini bisa kita lakukan dengan menjelaskan lewat gambar atau video. Misalnya kalau nggak pakai tabir surya kulit anak bisa 'gosong' dan terasa perih.

Soal tabir surya untuk anak, dermatolog dr Adam Friedman mengatakan untuk anak, ada tabir surya khusus untuk beberapa usia yang berbeda karena ada perbedaan biologis yang unik di tiap tahap usia. Apalagi, khusus bayi kulit mereka lebih mudah iritasi.

"Saya lebih menyarankan orang tua pakai tabir surya berunsur mineral yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide, sampai seorang anak tersebut cukup usianya memakai produk tabir surya tertentu," kata dr Adam.



(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi