aktivitas

Trik agar Bunda Tidak Boros Saat Belanja Online

Annisa Karnesyia Jumat, 01 Mar 2019 - 14.01 WIB
Trik agar Bunda Tidak Boros Saat Belanja Online/ Foto: istock Trik agar Bunda Tidak Boros Saat Belanja Online/ Foto: istock
Jakarta - Perkembangan kemajuan teknologi sepertinya tidak hanya dirasakan anak muda saja ya, Bun. Para ibu sekarang ini juga banyak yang menjadi konsumtif pada produk di pasaran berkat kemajuan teknologi. Salah satunya adalah platform aplikasi belanja online atau e-commerce.

Dikutip dari detikcom, Indonesia memang memiliki potensi menjadi raksasa e-commerce. Tahun 2017, menurut E-Marketer, Indonesia adalah negara dengan pengguna internet (terutama smartphone) yang besar, yaitu 86,6 juta pengguna. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.


Di tahun yang sama, banyak juga event belanja online terpopuler di Indonesia yang selalu ditunggu-tunggu semua orang termasuk para ibu. Pertama adalah Bulan Ramadhan, pada event ini didapatkan data bahwa masyarakat Indonesia menggunakan waktu sahur dan jam makan siang sebagai waktu untuk berbelanja online.

Event lainnya adalah saat Single's Day 11.11. Pada periode ini terdapat lonjakan search di hampir semua e-commerce populer di Indonesia. Terakhir adalah Promo Harbolnas 12.12, di mana terjadi lonjakan drastis dari mesin pencarian Google terutama data Google Trends tentang e-commerce populer.


Nah, meningkatnya penggunaan internet dan banyak promo-promo menarik juga berdampak pada ibu rumah tangga untuk mencari barang murah. Menurut Bayu Syerli, Vice President of Marketing Bukalapak, ibu-ibu adalah target pasar yang cukup menguntungkan karena menyukai promo-promo dan potongan harga belanja.

"Dulu kalo ibu ke pasar, pasti ke beberapa toko untuk membandingkan harga barang dan cari diskon. Di belanja online juga konsepnya sama, tapi bedanya ibu bisa lebih efisien dan efektif dalam urusan waktu," kata Bayu dalam sebuah acara di bilangan Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dengan kemudahan yang sudah ada, menurut Bayu, sebaiknya para ibu lebih jeli lagi saat berbelanja online agar tidak boros, tapi tetap mendapatkan barang yang berkualitas.

Buat Bunda yang suka belanja online atau mau memulainya, Bayu punya tips nih biar enggak boros saat bertransaksi online.

1. Cari tempat belanja online yang menawarkan banyak promo menarik. Misalnya, potongan harga, gratis ongkos kirim, atau cashback.

2. Bandingkan harga barang di setiap toko online. Carilah harga termurah dengan kualitas yang bagus.

3.Perhatikan jarak tempat tinggal dengan toko online. Semakin dekat toko online, makin murah biaya ongkos kirimnya.

Selamat berbelanja online dan mencoba tipsnya ya, Bun, supaya kantong enggak kebobolan, he-he-he.


[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi