aktivitas

Cara Cerdas Ajak Si Kecil Terapkan Pola Hidup Sehat

Raras Prawitaningrum Selasa, 12 Mar 2019 - 11.25 WIB
Cara Cerdas Ajak Si Kecil Terapkan Pola Hidup Sehat/ Foto: shutterstock Cara Cerdas Ajak Si Kecil Terapkan Pola Hidup Sehat/ Foto: shutterstock
Jakarta - Bunda pasti menginginkan si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat. Nah untuk mewujudkan impian tersebut, bunda harus mengajak si kecil menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Jika ditanamkan sejak kecil, anak akan terbiasa hidup sehat sehingga bisa mengurangi risiko penyakit di kemudian hari.

Ahli nutrisi Alvin Hartanto memberikan tiga cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengajak si kecil menerapkan pola hidup sehat. Berikut caranya:

1. Beri contoh yang baik

Menurut Alvin, pola hidup sehat bisa diterapkan ke si kecil jika orang tua memberikan contoh yang baik. Sebab, anak memiliki kecenderungan meniru atau mencontoh dari apa yang dilihatnya.


"Misal dari bundanya, Bunda harus mencontohkan konsumsi makanan yang benar. Porsinya dan jenisnya," ujar Alvin, saat ditemui usai acara Media Gathering Bersama Beko Indonesia di Greenhouse Kuningan, beberapa waktu lalu.

Ia juga menyarankan agar Bunda memperhatikan pola hidup sehat. "Misalnya orang tua obesitas, anak kan melihat. Dia (si kecil) akan berpikir bahwa obesitas itu hal yang wajar karena orang tuanya saja obesitas. Jadi mencontoh," katanya.

2. Ajak berolahraga

Selain memperhatikan asupan nutrisi sehari-hari, Bunda juga bisa mengajak si kecil rajin berolahraga. "Nggak perlu olahraga yang berat, yang penting rutin. Misalnya ajak anak jalan cepat dan lari di sekitar rumah atau ajak main bola sambil belajar melempar dan menendang, yang penting bergerak. Jangan cuma main gadget di rumah. Jangan lupa sesuaikan juga dengan usianya," kata Alvin.

3. Dukung dengan peralatan rumah tangga yang tepat

Terakhir, hal yang sering diabaikan oleh Bunda dalam mendukung pola hidup sehat ke si kecil adalah memilih peralatan rumah tangga yang tepat. Menurut Alvin, peralatan rumah tangga yang tepat bisa mendukung pola hidup sehat di keluarga.

"Faktor lain, peralatan rumah tangga itu penting. Selain bisa membuat makanan sehat sendiri di rumah dengan kontrol porsi, bahan, dan peralatan yang tepat, bisa menjaga kandungan nutrisi dari bahan-bahan yang dipilih. Jadi enggak sekadar kenyang, tapi ada nutrisinya buat kesehatan tubuh," katanya.


Menjawab kebutuhan tersebut, Beko menghadirkan peralatan rumah tangga yang bisa mendukung pola hidup sehat. Bunda bisa memanfaatkan peralatan seperti Vacuum Blender Beko untuk membuat jus buah dan sayur. Faktanya, jus lebih sehat dibandingkan memberikan si kecil minuman aneka rasa yang mengandung banyak gula.

Blender ini dilengkapi fitur Vacuum Technology untuk menghasilkan kandungan vitamin dan nutrisi yang lebih banyak. Jadi jus yang disiapkan sehari sebelumnya bisa disimpan dan bisa dikonsumsi karena kandungan vitamin dan nutrisi masih ada. (ega/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi