sign up SIGN UP search
Ilustrasi skor APGAR pada bayi baru lahir

Bundapedia

Skor APGAR

  |   Haibunda

Skor APGAR adalah ukuran yang digunakan untuk menilai kesehatan bayi yang baru lahir. Skor APGAR ini berguna untuk menilai kesehatan bayi baru lahir tepat pada saat baru lahir dan satu menit setelahnya. 

Skor ini diciptakan oleh Virginia Apgar pada tahun 1952. Dalam skor APGAR, nilai yang tersedia adalah antara nol dan 10, dengan 10 adalah skor terbaik. 

Setelah melahirkan, biasanya perawat atau dokter akan memberi skor APGAR pada bayi Bunda yang baru saja lahir. Hasilnya akan diketahui oleh tenaga medis yang akan merawatnya, sehingga akan dibuat penyesuaian sesuai dengan kondisi kesehatan bayi, untuk merawat bayi yang baru saja lahir tersebut.


Lalu, apa saja kategori yang ada di dalam skor APGAR? Apa manfaatnya dan apa pengaruhnya untuk Si Kecil yang baru datang ke dunia? Simak lengkapnya di bawah berikut ini Bunda

Kategori Skor APGAR

Skor APGAR menilai Si Kecil yang baru lahir dalam lima kategori. Kategori ini adalah frekuensi jantung, denyut nadi, pernapasan, warna kulit, dan refleks suara. Nilai yang diberikan untuk setiap kategori adalah 0, 1, atau 2. 

Setelah penilaian ini selesai, nilai dari semua kategori dijumlahkan untuk menentukan skor akhir. Skor APGAR yang lebih tinggi menunjukkan kesehatan yang lebih baik.

Skor APGAR dapat digunakan untuk menentukan tingkat kesehatan bayi yang baru lahir. Skor tinggi juga menunjukkan bahwa bayi tersebut lebih sehat dan dapat lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. 

Jika skor APGAR lebih rendah, dapat menandakan bahwa bayi yang baru lahir mungkin kurang sehat. Hal ini membutuhkan perhatian medis yang lebih dari dokter dan perawat.

Selain itu, penilaian yang dilakukan juga bermanfaat untuk mengukur respon bayi baru lahir terhadap tindakan yang telah dilakukan oleh dokter. Hal ini dapat membantu dokter mengambil tindakan yang tepat untuk membantu bayi baru lahir mendapatkan kesehatan yang optimal.

Skor APGAR juga bisa menjadi hasil dari tindakan dokter atau perawat yang telah berhasil. Artinya, skor bisa menjadi lebih tinggi setelah dokter melakukan perawatan terhadap bayi yang lahir dengan skor APGAR lebih rendah.

Nilai yang lebih tinggi juga menunjukkan kesehatan yang lebih baik dan dapat membantu dokter mengambil tindakan yang tepat. Penilaian yang dilakukan dapat membantu dokter mengukur respon bayi terhadap tindakan medis yang dilakukan.

Angka normal Skor APGAR

Penilaian dengan skor APGAR dilakukan pada bayi baru lahir untuk menilai kondisi mereka. Skor ini diberikan pada bayi baru lahir di saat mereka lahir dan lagi setelah satu menit. Skor APGAR adalah skala 0-10. 

Skor yang lebih tinggi menunjukkan bahwa bayi baru lahir dalam kondisi yang lebih baik. Skor 0-3 menunjukkan bahwa bayi membutuhkan bantuan medis.

Dilansir dari Healthline, skor APGAR berkisar antara 0 hingga 10, dengan angka normal adalah 7 atau lebih.

Skor APGAR menilai bayi berdasarkan lima kategori: napas, jantung, otot, refleks dan kulit. Bayi diberi skor 0, 1 atau 2 berdasarkan tingkat aktivitas mereka dalam masing-masing kategori. 

Penilaian dilakukan saat bayi lahir dan kemudian diulang setiap lima menit sampai bayi mencapai skor 7 atau lebih.

Skor APGAR tinggi (7 dan lebih) menunjukkan bahwa bayi telah lahir dengan kesehatan yang baik. Skor APGAR rendah (di bawah 7) menunjukkan adanya masalah kesehatan dan bayi bisa memerlukan penanganan medis segera. 

Penanganan medis yang diperlukan dapat berupa oksigen atau ventilasi, pemberian obat-obatan, atau bantuan lainnya.

Manfaat Skor APGAR

Skor APGAR adalah cara cepat untuk menentukan tingkat kesehatan Si Kecil saat lahir. Ini juga memungkinkan dokter untuk menentukan apakah perawatan tambahan diperlukan.

Beberapa manfaat skor APGAR antara lain adalah:

Menilai kesehatan bayi

Skor APGAR mengukur tingkat kesehatan bayi, yang memungkinkan dokter untuk menentukan apakah bayi memerlukan tindakan lebih lanjut.

Memungkinkan dokter untuk mengikuti perkembangan bayi 

Skor APGAR memberi dokter wawasan tentang bagaimana bayi berkembang dan memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan lebih lanjut jika diperlukan.

Menilai respon bayi terhadap stimulasi

Skor APGAR memungkinkan dokter untuk menilai respon bayi terhadap rangsangan, seperti suara, sentuhan, dan lainnya.

Membantu dokter dalam mengambil keputusan 

Skor APGAR memberi dokter gambaran tentang kesehatan bayi dan membantu mereka dalam mengambil keputusan tentang pengobatan yang diperlukan.

Memungkinkan komunikasi antara dokter dan pasien 

Skor APGAR memungkinkan dokter untuk berkomunikasi dengan pasien tentang kondisi kesehatan bayi.

Skor APGAR adalah cara yang efektif untuk mengevaluasi kesehatan bayi baru lahir. Ini memungkinkan dokter untuk mengikuti perkembangan bayi dan membantu mereka dalam mengambil keputusan tentang pengobatan yang diperlukan. Selain itu, skor APGAR juga memungkinkan komunikasi antara dokter dan pasien tentang kesehatan bayi.

ilustrasi bayi baru lahirilustrasi skor APGAR pada bayi baru lahir/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tonefotografia

Tips untuk memahami Skor APGAR 

Skor APGAR menilai keseluruhan kesehatan bayi dan mengukur lima aspek kesehatan bayi, yaitu denyut jantung, gerakan, respon terhadap rangsangan, warna kulit, dan suara. 

Tapi, mungkin Bunda belum memahami skor APGAR sepenuhnya. Berikut adalah beberapa tips untuk memahami skor APGAR. 

Jangan panik jika skor APGAR rendah

Skor APGAR yang rendah pada awalnya dapat membuat Bunda cemas, tetapi skor ini dapat meningkat jika bayi mendapatkan pertolongan dan perawatan yang tepat. Jangan lupa bahwa skor APGAR berubah-ubah.

Skor APGAR disesuaikan pada saat bayi lahir dan diulang setiap 5 menit untuk mengukur tingkat kemajuan bayi. Jika skor APGAR rendah pada saat lahir, maka skor ini dapat meningkat setelah bayi mendapatkan perawatan yang tepat, sehingga Bunda tidak perlu cemas. 

Ingat bahwa skor APGAR berubah jika bayi mendapatkan perawatan medis yang tepat. 

Jika bayi mendapatkan perawatan yang tepat, maka skor APGAR dapat meningkat dalam waktu yang relatif singkat. Jadi, jangan lupa bahwa skor APGAR dapat berubah jika bayi mendapatkan perawatan yang tepat.

Skor APGAR tidak dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kemajuan bayi dalam waktu yang lama.

Skor APGAR hanya dapat menilai kesehatan bayi secara keseluruhan di saat lahir. Pemeriksaan lanjutan harus dilakukan untuk menilai kondisi bayi dalam jangka waktu yang lama. 

Jangan lupa bahwa skor APGAR tidak dapat digunakan sebagai alat diagnostik

Skor APGAR hanya menilai kondisi kesehatan bayi secara keseluruhan dan tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan tertentu. Oleh karena itu, pemeriksaan lanjutan selalu diperlukan untuk mengidentifikasi masalah kesehatan. 

Dengan turut memahami cara membaca skor APGAR, maka diharapkan Bunda dapat membantu dan memberi dukungan kepada Si Kecil untuk mendapatkan perawatan yang tepat dari para penyedia layanan kesehatan yang menanganinya.

Jangan lupa bahwa skor APGAR merupakan alat yang efektif untuk menilai kesehatan bayi secara keseluruhan hanya pada saat bayi baru lahir dan tidak menjadi penentu status kesehatannya di kemudian hari. 

[Gambas:Video Haibunda]



 

Share yuk, Bun!
Tahukah Bunda
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!