cerita-bunda

HaiBunda Happy Hour: Liburan Hemat, Bikin Anak Senang

Ratih Wulan Pinandu Rabu, 17 Jul 2019 10:01 WIB
HaiBunda Happy Hour: Liburan Hemat, Bikin Anak Senang
Jakarta - Siapa bilang liburan butuh budget besar? Bunda dan Ayah bisa lho merencanakan liburan hemat tanpa mengurangi keseruan bersama anak-anak.

Salah satu kuncinya terletak pada pemilihan destinasi liburan. Semakin dekat tempat yang dituju maka dapat menghemat pengeluaran nih. Yang penting, enggak mengganggu kualitas liburan bersama anak-anak.

Melansir detikcom, sebuah penelitian yang dilakukan Family Holiday Association menyebut, 49 persen orang mengaku liburan keluarga menjadi memori yang paling indah terekam dalam ingatannya. Liburan bareng keluarga juga bermanfaat menjaga kesehatan emosional, psikologi, hingga hubungan sosialnya.


"Penelitian ini adalah bukti kuat bahwa dampak positif liburan bersama keluarga lebih besar daripada sekadar melepaskan diri dari rutinitas harian," jelas John McDonald, direkutur Family Holiday Association, dilansir Huffington Post.

Sedangkan menurut sebuah ulasan Parent, liburan keluarga juga bermanfaat bagi perkembangan otak anak-anak, Bun. Pengalaman tersebut kemudian akan menghidupkan ekspresi genetik di lobus frontal.

Sedangkan menurut psikoterapis anak, Dr. Margot Sunderland, kenangan yang menyenangkan selama liburan keluarga juga akan meningkatkan fungsi eksekutif seperti pengaturan stres, meningkatkan perhatian dan konsentrasi, perencanaan yang baik, serta kemampuan belajar mereka.

"Mengajak anak mengunjungi lingkungan yang lebih luas akan menawarkan pengalaman baru yang kuat dalam kombinasi sosial, fisik, kognitif, dan sensorik. Pikirkan tentang bersama keluarga di kolam, berjalan bersama melalui hutan, atau merasakan pasir pantai, " ujar Sunderland.

Bunda Happy Hour: Liburan Hemat, Bikin Anak Happy dengan Cara TepatTrans Snow World/ Foto: Pradita Utama

Nah, ngomongin tentang lingkungan dan pengalaman baru kenapa enggak mencoba mengembangkan imajinasi si kecil dengan bermain salju, Bun? Tenang, Bunda dan Ayah enggak perlu menyiapkan budget besar untuk liburan ke luar negeri, karena sekarang di Indonesia pun sudah ada 'salju' nih.

Tepatnya di daerah Bekasi yang sekarang memiliki wahana Trans Snow World. Bunda bisa mengajak keluarga untuk liburan hemat dengan nuansa winter lho. Caranya pun mudah banget, karena Bunda bisa mendapatkan tiketnya dengan berpartisipasi melalui kolom komentar di bawah ini.

Berikan alasan Bunda mengenai manfaat liburan hemat bersama anak dan keluarga. Kalau perlu, sekalian berikan tips liburan hemat lainnya ya, Bun! Tapi ingat ya, Bun, komentar yang akan dihitung yaitu mulai pukul 13.00 - 16.00. Jadi jangan sampai kecepatan atau malah ketinggalan ya.

Nantinya, akan ada 6 komentar terbaik yang dipilih sebagai pemenang dan masing-masing akan diberikan satu tiket Trans Snow World. Sebelum memberi komentar Bunda mesti log in dulu menggunakan akun detikID. Jika belum punya, Bunda bisa mendaftar di sini.

Jangan lupa, Bun, 1 user detikID hanya bisa digunakan untuk satu kali pengisian komentar. Pemenang akan diumumkan setiap harinya pukul 17.00 di sosial media HaiBunda dan artikel. Komentar pemenang juga akan ditayangkan di artikel lho. Kami tunggu ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi