sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Aku Sering Dikatai Nyi Towok, Makhluk Berwujud Kodok yang Aslinya Rupawan

Sahabat HaiBunda Sabtu, 11 Apr 2020 21:04 WIB
Aku sering disebut Nyi Towok. Makhluk yang dikenal buruk rupa berwujud kodok boncel. Padahal tidak begitu adanya, Bunda. caption
Jakarta - Di daerah tempat tinggalku di Jawa Timur ada sosok penunggu dapur yang berwujud kodok boncel. Dia akan keluar tiap tengah malam. Namanya Nyi Towok.

Nyi Towok ini sering keluar di antara jam 12-03 dini hari sambil membawa barang-barang dapur. Misalkan, kebutuhan dapur, sayuran , buah, dan bumbu dapur.


Beberapa teman ada yang sering mengatai aku Nyi Towok. Ya ampun, segitu jelekkah aku sampai disamain seperti sosok kodok boncel? Penasaran, aku nekat duduk di dapur dengan lampu ala kadarnya di dapur nenekku sambil baca doa-doa.


Benar saja, sambil menahan kantuk kulihat beberapa kali kodok boncel membawa bahan makanan. Wujudmu? Hitam seram tapi aku memberanikan diri saking penasarannya dengan sosok Nyi Towok.

Kuberanikan diri dan kulihat beberapa kali si kodok boncel bolak-balik tapi enggak menggangguku. Hingga di suatu titik si kodok enggak muncul lagi. Beberapa menit kemudian, bulu kudukku merinding. Enggak lama ada sosok turun di bale dapur nenekku.

Dia cantik, langsing, tinggi, berambut hitam legal panjang dan digerai. Dengan anggun dia duduk dan tersenyum padaku. Kayak mimpi seakan Nyi Towok menegaskan ke aku bahwa dia bukan sosok jahat. Dia hanya membantu orang-orang menjaga dapurnya.

Seakan terbangun aku sadar bahwa Nyi Towok tak seburuk itu dan dia sosok yang cukup Ayu. Jadi kalau aku disamakan dengannya enggak masalah. He-he-he.

Kalau untuk mereka yang usil dan berniat jahat pada isi dapur atau pemilik dapur bisa saja dijahili si Nyi Towok yang mewujudkan dirinya sebagai kodok boncel dan menyeramkan. Tapi, dari situ ada pelajaran yang bisa diambil bahwa tidak semua makhluk yang menyeramkan itu akan selalu jahat.


Kini aku enggak ambil pusing disebut Nyi Towok, sejatinya asal memiliki hati yang baik, Nyi Towok seperti makhluk lain tak punya niatan jahat kok.

(Kisah Bunda Tenny di Jawa Timur)

Bunda yang ingin berbagi kisah seputar rumah tangga dan parenting di Cerita Bunda, bisa kirimkan langsung ke email redaksi kami di redaksi@haibunda.com Cerita paling menarik akan mendapat voucher belanja dari kami. dengan subjek Cerita Bunda. Ssst, Bunda yang tidak mau nama aslinya ditampilkan, sampaikan juga di email ya. Cerita yang sudah dikirim menjadi milik redaksi kami sepenuhnya.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi