sign up SIGN UP search


cerita-bunda

Salah ya Aku Menjaga Kewarasan dengan Menolak Bantu Jaga Keponakan?

Sahabat Bunda   |   Haibunda Jumat, 03 Jun 2022 16:20 WIB
Ilustrasi wanita bertengkar Ilustrasi/Foto: Getty Images/iStockphoto/AntonioGuillem
Jakarta -

Aku mengerti memang jadi Bunda itu capek. Aku pun sudah punya dua anak yang saat ini usianya sudah masuk bisa dilepas. Si Abang sudah kelas 5 SD, Si Adik kelas 2 SD.

Aku tahu rasa susah, capek, dan menuntutnya jadi Bunda. Maka itu aku rasanya lega ketika dua anak ini sudah mandiri. Mandi enggak usah dimandiin, makan bisa sendiri, main pun tinggal diawasin saja. Enggak perlu aku tuntun dan jaga seperti CCTV.

Energiku sudah habis di pagi hari menyiapkan mereka berangkat. Lanjut sampai ke siang untuk mencuci dan memasak. Sisanya? Aku mau istirahat.


Salah ya aku mau begitu, Bun? Karena di mata orang tuaku itu salah. Aku harus tetap bersusah payah membantu adikku yang baru saja melahirkan sekitar empat bulan lalu.

Banner Cara Percepat Pembukaan Saat PersalinanBanner Cara Percepat Pembukaan Saat Persalinan/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Aku enggak mau. Aku capek.

Saat aku bilang aku enggak mau bantu, langsung deh hujatan yang aku terima. Aku dibilang enggak pedulian, egois, dan kata-kata yang bisa aku share.

Memang kenapa kalau aku egois? Toh saat aku kecapean dulu mengasuh anak-anakku, mereka enggak peduli. Hanya menjenguk di awal kelahiran, setelah itu aku jumpalitan sendiri.

Bukan, aku bukan dendam ya. Aku hanya mau menyayangi diriku sendiri. Kalau aku segar saat anak-anak pulang sekolah, aku enggak akan cranky dan ngomel. Aku 'kan kalau capek bawaannya ngomel. Suami pun jadi enggak betah di rumah kalau aku marah-marah melulu.

Makanya aku menjaga diri, energi, dan kewarasanku untuk keluargaku semata. Memang salah ya, Bun?

(Cerita Bunda Mg, Jakarta)

Mau berbagi cerita kebaikan di bulan Ramadan, Bun? Yuk cerita ke kami lewat [email protected] Cerita terbaik akan mendapat hadiah menarik dari HaiBunda.

Simak juga video berikut mengenai cerita Bunda Gamila sebagai Bunda dari anak-anak Pandji Pragiwaksono. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!