sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Rekomendasi KB yang Disarankan Selama Masa Pandemi, Bisa Dibeli Online Nih!

Zika Zakiya Rabu, 07 Jul 2021 11:01 WIB
Contraception Education Concept female and male contraceptive, caption
Jakarta -

Kontrasepsi adalah pilihan baik dan bijak apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Di mana banyak kondisi di luar perkiraan dengan tantangan yang lebih berat.

Sebab, hamil tapi tidak direncanakan itu akan berdampak secara fisik, finansial, dan kesiapan pasangan. Demikian disampaikan dr. Nisa Fathoni, SpOG, IBCLC selaku Dokter Kandungan, Spesialis Obstetri & Ginekologi dalam Kuliah WhatsApp bersama HaiBunda dan Andalan Kontrasepsi, Rabu (6/07/2021).

"Secara fisik misalnya dalam kondisi hamil tapi usia belum matang secara reproduksi. Tentunya seorang ibu yang masih muda akan mengalami banyak perubahan, ngga hanya badan yang membesar, tapi juga ukuran payudara, ketidaknyamanan yang diakibatkan perut membesar, kemudian juga efek dari perubahan hormonal," jelas dr.Nisa dalam Kulwap bertema 'Tips Memilih KB Selama Pandemi'.


Banner tips isolasi mandiri keluargaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Ditambahkan dr. Nisa bahwa efek berikutnya adalah secara finansial karena di kondisi yang sulit seperti ini ada keluarga yang mengalami di-PHK. Sehingga akan berdampak pada keuangan yang tidak seimbang.

"Kemudian secara psikis juga harus disiapkan, bukan hanya psikis kita lho. Tapi juga pasangan, kemudian Si Kakak. Karena konsep dari hamil adalah bukan dari sekadar hamil tapi hamil harus all out," tegasnya.

Dengan segala pertimbangan di atas, maka alat KB yang disarankan selama masa pandemi adalah;

1. Pil KB yg dapat dibeli dan dipesan online
2. IUD, sekali datang, kontrol setahun sekali
3. Implan juga, sekali datang untuk tiga tahun

Ketiga alat itu disarankan untuk masa pandemi seperti ini karena:
- Sesuai kebutuhan
- Mudah didapatkan/ dipasang
- Efektivitas tinggi
- Mudah diterapkan
- Kunjungan ke Faskes berkurang

Dikatakan Apt. Rony Syamson S.Farm selaku Brand Manager Andalan Kontrasepsi, produk Andalan memiliki harga yang terjangkau dan rangkaian produk yang lengkap.

"Setiap metode KB mempunyai karakter yang berbeda-beda, ada yang hormonal, non Hormonal, ada yang jangka pendek, ada yang jangka Panjang. Tentunya Semua metode KB adalah bagus, tergantung kebutuhan dari setiap akseptornya," jelas Apt.Rony saat bergabung di kesempatan yang sama.

Acara dengan tema menarik seperti ini bisa terus Bunda ikuti dengan bergabung bersama HaiBunda Squad di sini. Nantikan acara menarik berikutnya ya, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!