sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Konsultasi Kehamilan, Kesehatan Ibu & Anak Bersama Pakar di Sini Bun

Muhayati Faridatun Selasa, 15 Dec 2020 14:21 WIB
Doctors visit lovers who need advice on pregnancy and how to prevent it during the new virus epidemic. caption
Jakarta -

Bagi pasangan suami istri yang ingin program hamil, penting untuk mempersiapkan kehamilan dengan matang. Selain kesiapan mental, persiapan medis juga perlu dilakukan agar memiliki anak-anak sehat dan unggul.

Bahkan, seperti disarankan dokter spesialis anak - Konsultan Perinatologi, Prof. Dr. dr.Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)., pemeriksaan pra nikah (pre marital check up) juga penting dilakukan. Jadi, ini adalah tindakan pencegahan masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan, dan keturunan kita kelak.

"Pemeriksaan kesehatan pra nikah menjadi salah satu upaya untuk mencegah berbagai macam penyakit pada calon bayi," kata dokter yang akrab disapa Rina, kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Dari pemeriksaan pra nikah, akan diketahui beberapa masalah kesehatan seperti anemia, carrier thalassemia, kekurangan vitamin D, dan malnutrisi lainnya. Perlu Bunda tahu, keempat penyakit ini berpengaruh besar pada pembentukan anak-anak unggul di masa datang.

"Thalassemia adalah kelainanan sel darah merah akibat abnormalitas genetik, yang diturunkan orang tua pada anaknya," ujar dokter spesialis anak - Konsultan Hematologi Anak Prof. Dr. dr.Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A(K).

Nah, inilah pentingnya persiapan medis saat Bunda dan Ayah berencana program hamil, lalu menjalani kehamilan sehat, dan bisa melahirkan dengan selamat sesuai keinginan. Terlebih jika Bunda ingin melahirkan secara normal tanpa hambatan berarti.

"Persalinan adalah kerja sama antara kontraksi rahim, pembukaan leher rahim, penurunan kepala bayi, dan kapasitas jalan lahir," ujar spesialis kebidanan dan kandungan dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG.

Kesehatan Ibu dan Anak

Terkait dengan kehamilan dan kesehatan rahim, Bunda perlu juga melakukan pencegahan kanker serviks atau kanker leher rahim. Dijelaskan Dr. dr.Suskhan Djusad, Sp.OG(K)., jumlah pasienĀ kanker serviks di Indonesia tercatat sangat tinggi.

Tahukah, Bunda, setiap satu jam, satu pasien kanker serviks meninggal dunia. "Artinya, dalam 24 jam, sebanyak 24 orang meninggal dunia akibat kanker serviks," kata dokter Suskhan, yang menjabat Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Dengan menjaga kesehatan diri sendiri, Bunda tentu akan menciptakan kesehatan bagi keluarga. Setelah melahirkan, Bunda pastinya ingin membesarkan anak sehat dan unggul, sesuai tumbuh kembangnya.

Tapi, di tengah perjalanan, ada kalanya Bunda mengalami masalah-masalah seputar nutrisi dan kesehatan anak. Salah satu yang paling sering terjadi yakni anak mogok makan atau melakukan gerakan tutup mulut (GTM).

Si Kecil lagi GTM dan Bunda masih bingung bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana pula menahan emosi dan kesabaran menghadapi anak GTM? Permasalahan ini akan dijawab tuntas oleh pakarnya, yakni dokter spesialis anak Dr. dr.Aryono Hendarto, Sp.A(K). MPH., dan psikolog klinis anak Aisyah Almas Silmina, M.Psi, Psikolog.

Para pakar akan hadir dalam Webinar HaiBunda Bersama Dokter pada Jumat, 18 Desember 2020, mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB. Para dokter siap memberikan informasi seputar kehamilan, kesehatan ibu dan anak, sesuai dengan keahlian masing-masing. Eksklusif live streaming di HaiBunda.com!

Webinar HaiBunda Bersama DokterWebinar HaiBunda Bersama Dokter/ Foto: HaiBunda

Berikut jadwal lengkap Webinar HaiBunda Bersama Dokter, Jumat (18/12/2020):

Sesi 1
Narasumber: Prof. Dr. dr.Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)
Tema: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah
Waktu: pukul 10.00 - 10.55 WIB

Sesi 2
Narasumber: Prof. Dr. dr.Pustika Amalia Wahidiyat, Sp.A(K)
Tema: Pentingnya Screening Pra Nikah Thalassemia untuk Mendapatkan Anak Unggul
Waktu: pukul 11.00 - 11.45 WIB

Sesi 3
Narasumber: Dr. dr.Suskhan Djusad, Sp.OG(K)
Tema: Penyebab dan Cara Cegah Kanker Serviks
Waktu: pukul 15.00 - 15.45 WIB

Sesi 4
Narasumber: Dr. dr.Aryono Hendarto, Sp.A(K), MPH, dan Aisyah Almas Silmina, M.PSi., Psikolog
Tema: Penyebab dan Tips Mengatasi Anak GTM
Waktu: 15.50 - 17.00 WIB

Sesi 5
Narasumber: dr.Ilham Utama Surya, Sp.OG
Tema: Persiapan dan Tips Melahirkan Normal
Waktu: pukul 17.05 - 17.50 WIB

Jangan sampai terlewat, Bunda!

Simak juga yuk 14 ciri hamil satu bulan yang jarang disadari, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi