sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Persiapan Medis Pra Nikah untuk Lahirkan Anak Unggul, Penting Nih Bun

Muhayati Faridatun Rabu, 16 Dec 2020 08:24 WIB
Serious Caucasian senior female counselor gestures while giving important advice to a young married couple. caption
Jakarta -

Bunda dan Ayah ingin program hamil? Selain kesiapan mental, persiapan medis juga perlu dilakukan supaya bisa memiliki anak-anak sehat dan unggul. Bagaimana caranya?

Dijelaskan dokter spesialis anak - Konsultan Perinatologi, Prof. Dr. dr.Rinawati Rohsiswatmo, Sp.A(K)., untuk mencetak manusia unggul, Bunda dan Ayah butuh persiapan. Bahkan, persiapan secara medis harus dimulai sebelum menikah.

"Salah satu persiapan medis yang terpenting adalah melakukan screening pra nikah," ujar dokter yang akrab disapa Rina, kepada HaiBunda beberapa waktu lalu.


Dokter Rina menambahkan, pemeriksaan kesehatan pra nikah atau disebut juga pre martial check up adalah tindakan pencegahan masalah kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan kita kelak. Ini mungkin masih sangat asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Tapi, manfaatnya sangat besar, Bunda. Pemeriksaan kesehatan pra nikah jadi salah satu upaya mencegah berbagai macam penyakit pada calon bayi. Dari pemeriksaan ini akan diketahui beberapa masalah kesehatan seperti anemia, carrier thalassemia, kekurangan vitamin D, dan malnutrisi lainnya.

"Keempat penyakit ini berpengaruh besar pada pembentukan anak-anak unggul di masa datang," kata dokter Rina.

Bunda perlu tahu, anak yang terlahir dari ibu dengan malnutrisi, kekurangan vitamin D, dan mengidap anemia, berisiko mengalami masalah kesehatan lebih besar. Khusus untuk Bunda dan Ayah dengan carrier thalassemia, juga berisiko melahirkan bayi thalassemia.

Inilah alasan pentingnya melakukan screening pra nikah. Lebih lanjut, dokter Rina memaparkan lima tahapan pre marital check up, yakni:

1. Pemeriksaan fisis dan laboratorium sederhana

Sebelum menikah, calon pengantin sebaiknya memiliki kesadaran melakukan pemeriksaan fisis secara lengkap. Biasanya, pemeriksaan yang sering dilakukan adalah tekanan darah dan gula darah. Kalau ditemukan kelainan, harus segera diobati, Bunda.

Apalagi tahapan selanjutnya? Yuk, klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Banner dapur rumah minimalisBanner dapur rumah minimalis/ Foto: HaiBunda

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



Tahapan pemeriksaan pra nikah
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi