sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tetap Optimistis Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus, Ini Saran Psikolog

Muhayati Faridatun Senin, 08 Mar 2021 13:03 WIB
Two cheerful girls wearing face protective mask having fun outdoors caption
Jakarta -

Tugas ekstra menanti orang tua saat membesarkan anak berkebutuhan khusus. Inilah alasan kenapa Bunda dan Ayah harus tetap optimistis selama mengasuh dan mendidik mereka.

Seperti dialami artis Joanna Alexandra, yang tidak menutupi kondisi putri bungsunya, Ziona Eden Alexandra Panggabean. Sejak lahir, bocah yang berusia hampir 4 tahun ini mengidap penyakit langka campomelic dysplasia (CMD).

Tumbuh kembang Ziona tidak seperti anak pada umumnya, Bunda. Ada kelainan perkembangan kerangka, sistem reproduksi, dan bagian tubuh lainnya. Meski begitu, Joanna tetap terbuka dan tidak malu dengan kondisi putrinya.


"Jadi, aku nggak ngumpetin, nggak merasa anak ini cacat atau aib," ucap Joanna Alexandra kepada HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Saat ada pertemuan keluarga besar, Joanna pun selalu membawa Ziona. Ia menceritakan perkembangan Zio, sehingga keluarganya melihat putri bungsunya itu tumbuh dengan baik.

"Mereka sayang sama Zio, jadi nggak ada pikiran-pikiran, 'Itu anaknya kenapa?'" tuturnya.

Banner 5 Tanaman Hias Indoor Penghilang Debu

Bagi sebagian Bunda yang membesarkan anak berkebutuhan khusus, mungkin tak semudah Joanna Alexandra saat menjalaninya. Dikutip dari Very Well Family, setiap aspek pengasuhan sangat berpengaruh bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.

Selain butuh dukungan dari keluarga dan lingkungan, Bunda dan Ayah juga perlu waktu ekstra serta kesabaran. Belum lagi biaya besar yang dibutuhkan untuk perawatan dan konsultasi ke dokter. Dengan banyaknya tantangan dan kekhawatiran, bagaimana kita bisa optimistis membesarkan anak berkebutuhan khusus?

Tenang, Bunda tak perlu merasa sendiri lagi. Yuk ngobrol bareng psikolog di Kuliah WhatsApp (Kulwap) HaiBunda pada Rabu, 10 Maret 2021, mulai pukul 19.00 WIB. Ada Dra.Festa Yumpi R., M.Si., Psikolog, yang siap menjawab pertanyaan seputar tema: Menjadi Orang Tua Optimis untuk Anak Berkebutuhan Khusus.

Kulwap HaiBunda

Bunda tertarik join? Yuk langsung daftar di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi