sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Tuntunan Puasa untuk Bumil & Busui, Yuk Tanya Ustazah di Sini

Muhayati Faridatun Jumat, 02 Apr 2021 09:12 WIB
Islamic mother and newborn baby in the hospital. caption
Jakarta -

Bulan Ramadhan segera tiba, Bunda. Sebagai Muslim, tentu diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui).

Mungkin banyak bunda yang masih bertanya-tanya, apakah bumil dan busui termasuk golongan yang diperbolehkan tidak puasa Ramadhan? Bagaimana juga tuntunan dalam Islam jika bumil dan busui ingin menjalankan puasa Ramadhan?

Dijelaskan Ustazah Aisyiyah, Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., Islam adalah agama yang memudahkan. Ia menuturkan, Allah Subhanahu Wa Ta'ala memberikan kemudahan bagi hamba-Nya dalam menjalankan ibadah.


"Salah satunya adalah ibadah puasa bagi para ibu yang sedang hamil dan menyusui," kata Ustazah Lailatis kepada HaiBunda.

Ia menjelaskan, bumil dan busui termasuk dalam kelompok yang diberikan rukhsah atau keringanan dalam berpuasa. Terlebih bumil dan busui dalam keadaan sangat lemah, Bunda.

"Mereka diperbolehkan jika hendak meninggalkan puasa jika tidak mampu, dan dicukupkan mengganti puasa yang ditinggalkan dengan membayar fidyah," tutur Ustazah Lailatis.

Lalu, bagaimana ketentuan membayar fidyah untuk ibu hamil dan ibu menyusui yang meninggalkan puasa Ramadhan? Kondisi apa saja yang bisa membatalkan puasa bumil dan busui?

Yuk Bunda simak langsung penjelasan Ustazah Lailatis Syarifah, Lc., M.Ag., dalam HaiBunda Live pada Selasa, 6 April 2021, mulai 13.30 WIB. Eksklusif di akun Instagram @haibundacom.

Dengan tema Puasa untuk Bumil dan Busui, program ini akan dipandu host Inda Endaliani. Bagi Bunda yang ingin bertanya, bisa tuliskan di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung.

Catat tanggalnya ya, Bunda...

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi