sign up SIGN UP search


kehamilan

6 KB Alami untuk Cegah Kehamilan, Pertimbangkan Kelebihan & Kekurangannya

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 05 Jun 2021 18:50 WIB
A young couple discussing their future at a table with their consultant caption

Jakarta - Banyak Bunda merasa tidak cocok dengan alat KB yang beredar di pasaran dengan berbagai alasan. Bunda juga merasa hal yang sama?

Bunda bisa mencoba KB alami untuk mengontrol kehamilan lho. Layaknya memilih asupan organik, beberapa pasangan suami istri memang memutuskan untuk menggunakan alat KB alami. Sehingga terhindar dari efek samping di masa depannya.

"Beberapa di antaranya ingin menghindari potensi efek samping," ujar Danielle Johnson, seorang obgyn di Easton, Penn, seperti dikutip dari laman Parents.


Dengan cara KB alami, tentunya baik Ayah dan Bunda akan memegang kendali sepenuhnya dan tidak harus bergantung pada resep atau perjalanan ke dokter untuk melakukan kontrol secara rutin.

Banner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude

Mengenai cara KB alami sendiri, ada berbagai metode yang bisa Bunda dan Ayah coba. Mulai dari tidak melakukan hubungan seks selama waktu-waktu tertentu dalam sebulan, hingga mengonsumsi ramuan tertentu sebelum atau sesudah berhubungan seks. 

"Beberapa orang mungkin mengatakan cara KB alami ialah metode apa pun yang tidak termasuk penggunaan hormon sintetis," tambahnya.

Melansir dari WebMD, cara KB alami memang perlu dipertimbangkan secara matang sebelum dilakukan. Bunda dan Ayah perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya sehingga fungsi perlindungan agar mencegah kehamilan dapat berjalan maksimal.

Ingatlah bahwa baik Ayah dan Bunda harus turut serta berpartisipasi dalam menjalaninya. Karena, metode ini tidak akan berfungsi kecuali Bunda dan Ayah saling berkomitmen. 

Beberapa cara KB alami yang bisa dijadikan pilihan di antaranya sebagai berikut ya, Bunda:

1. Kesadaran Kesuburan

Metode ini didasarkan pada tubuh sendiri tanpa alat dan tanpa obat-obatan. Catat dan ingat masa subur ya, Bunda. Banyak yang menyebut cara ini sebagai KB kalender.

Ide dasarnya yakni memprediksi hari mana dalam sebulan kemungkinan besar Bunda akan hamil. Bunda bersama Ayah harus melewatkan seks pada hari-hari itu.

Kelihatannya terdengar sederhana ya, Bunda. Tetapi, tidaklah mudah untuk menentukan hari subur itu. Jika pola menstruasi Bunda tidak teratur, maka lebih baik Bunda mencari strategi yang berbeda.

Simak kelanjutan tips mencegah kehamilan dengan KB alami di halaman berikutnya!

Simak juga yuk penjelasan mengenai senggama putus untuk mencegah kehamilan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MENGENAL METODE IRAMA UNTUK KB ALAMI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi