sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Tips Pilih Pil KB yang Aman dan Nyaman untuk Cegah Kehamilan di Masa Pandemi

Annisa Karnesyia Kamis, 29 Jul 2021 11:45 WIB
Women and pills she think about her health at home caption
Jakarta -

Merencanakan kehamilan bukan soal ingin menambah momongan ya, Bunda. Perencanaan kehamilan juga merupakan bagian dari upaya pasangan suami istri untuk menunda punya anak.

Di masa pandemi ini, keinginan untuk menunda punya momongan perlu dipertimbangkan dengan matang. Menurut Dokter Spesialis Kandungan, dr. Yassin Yanuar Mohammad SpOG-KFER, Msc, penggunaan KB menjadi salah satu metode penting untuk menunda kehamilan.

Banyaknya jenis KB yang bisa digunakan perlu menyesuaikan karakteristik Bunda nih. Sebab, setiap jenis KB memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


"Metode KB yang bisa digunakan ada yang paling sederhana dan membutuhkan alat. Itu tersedia banyak pilihannya dan memang masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya," kata Yassin, dalam Live IG HaiBunda bersama Andalan Kontrasepsi, Rabu (28/7/21).

"Kalau saya bilangnya itu ada karakteristik yang perlu disesuaikan penggunanya. Intinya, semua KB itu baik untuk merencanakan keluarga, tapi nanti ada karakteristik yang sesuai dari penerimanya sehingga bisa cocok," sambungnya.

Beberapa jenis KB yang tersedia misalnya menghitung masa subur dengan kalender. Cara sederhana ini masih digunakan meski risiko untuk hamilnya tinggi.

Selain itu, Ayah dan Bunda juga bisa menggunakan kondom saat berhubungan seksual. Tapi ingat, sebagai alat kontrasepsi untuk mencegah kehamilan, penggunaan kondom pun harus benar-benar tepat ya.

"Kondom bisa digunakan saat berhubungan seksual dan memiliki peran untuk mencegah infeksi menular seksual. Tapi kondom ini harus diperhatikan cara penggunaannya, cara pasang dan melepasnya harus benar," ujar Yassin.

Ayah dan Bunda juga bisa menggunakan beberapa metode KB lain, yakni misalnya coitus interuptus. Metode ini dilakukan oleh suami saat berhubungan seksual, yaitu dengan ejakulasi di luar vagina. Namun, ini memiliki risiko kegagalan yang cukup tinggi. Sebab, kemungkinan sperma keluar di dalam sebelum ditarik keluar.

Selain itu, Ayah dan Bunda bisa mencoba metode kontrasepsi mantap, jika sudah tidak ingin lagi memiliki anak tambahan. Metode ini meliputi, memotong saluran telur dan IUD.

Selanjutnya, jenis KB lain yang bisa menjadi pilihan adalah KB hormonal dengan suntik, minum pil, atau pemasangan implan di bawah kulit.

Namun, dalam situasi pandemi seperti ini jenis alat kontrasepsi yang relatif aman dipilih adalah pil KB, Bunda. Tanpa perlu tindakan ke rumah sakit dan pemeriksaan fisik, Bunda bisa melakukan konsultasi dengan dokter melalui telemedicine.

Berbeda dengan kontrasepsi mantap, Bunda tetap harus datang ke rumah sakit atau ke dokter. Secara umum, penggunaan KB perlu hati-hati dan enggak boleh sembarangan.

"Sekarang ada telemedicine yang bisa dimanfaatkan untuk konsultasi dan mungkin mendapatkan resep dengan pemantauan. Tapi, kalau disuntik atau implan harus ke rumah sakit atau dokter. Sedangkan, kontrasepsi mantap harus operasi di rumah sakit. Jadi karakteristik pengaplikasiannya harus disesuaikan penerima dan jenis KB itu sendiri," ujar Yassin.

Berbicara mengenai layanan telemedicine untuk mendapatkan pil KB tetap harus hati-hati ya, Bunda. Ada kondisi medis yang membuat Bunda tidak bisa sembarangan memilih pil KB.

"Jangan sembarangan, pil KB itu variasinya banyak. Ada yang klasik dan terbaru dengan obat-obatan yang efek sampingnya lebih ringan. Jadi lebih nyaman untuk pil ini cocok untuk orang yang memiliki rutinitas dengan baik. Harus rutin minumnya, kalau kelupaan minum sehari dua hari akan membuat masa suburnya kembali dengan cepat. Ini juga menjadi keunggulan pil karena kesuburan akan kembali dengan cepat," ucap Yassin.

Nah, untuk tetap membuat Bunda aman dan nyaman #PilihanPerempuanIndonesia #HaibundaxAndalan, sudah ada berbagai pilihan produk pil kB yang bisa menjadi referensi Bunda dalam memilih alat kontrasepsi. Andalan hadir dengan berbagai pilihan produk kontrasepsi yang pastinya aman dan berkualitas, salah satunya kontrasepsi oral yang bisa didapatkan dan digunakan secara mandiri dengan diminum.

Bahkan kini, ada pil KB Andalan yang bisa menunda kehamilan dan bermanfaat mengurangi nyeri haid.

Ada juga pil KB andalan Fe yang punya fungsi ganda, yakni mencegah kehamilan dan suplemen yg bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi. Ada juga pil KB Laktasi untuk para bunda yang menyusui, ini aman bisa diminum kapan saja. Dan ada Andalan PostPil untuk mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa alat kontrasepsi.

Untuk informasi lebih jelas mengenai pil KB ini, Bunda bisa mengetahui informasi produknya lebih lengkap dengan mengunjungi akun Instagram official @andalankontrasepsi atau ke laman resminya sahabatandalan.com.

(ank)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!