sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Bun, Ketahui Gejala & Cara Pencegahan Kanker Payudara Sejak Dini

Muhayati Faridatun Jumat, 08 Oct 2021 09:22 WIB
Caucasian doctor in medical mask speaking with mother about scoliosis of her daughter stock photo. Pediatrics concept caption
Jakarta -

Bunda mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan penyakit kanker payudara. Tapi, seberapa jauh sih, kita mengetahui gejala-gejala dan cara pencegahannya?

Ya, bicara kesadaran tentang kanker payudara yang diperingati setiap Oktober, Bunda sebagai perempuan tentu harus mewaspadai penyakit tersebut. Apalagi belakangan, orang-orang sekitar kita makin banyak yang mengidap kanker payudara.

Inilah pentingnya mengenali gejala dan mendeteksi kanker payudara sejak dini. Dikutip dari Mayo Clinic, gejalanya antara lain penebalan atau benjolan payudara yang terasa berbeda dari jaringan di sekitarnya, adanya perubahan kulit dan ukuran payudara.


Dijelaskan dokter Spesialis Bedah Subspesialis Bedah Onkologi RS Pondok Indah, dr. Rachmawati, Sp.B.SubBOnk, mengetahui sedini mungkin jadi faktor penting untuk meningkatkan keberhasilan penanganan kanker payudara.

"Penanganan yang dilakukan pada kasus stadium awal tentu memiliki tingkat efektivitas lebih tinggi dibanding ketika sudah memasuki stadium lanjut. Karenanya, penting untuk melakukan deteksi dini," dokter Rachmawati menjelaskan.

Perlu Bunda ketahui, deteksi dini bisa dilakukan dengan cara SADARI atau periksa payudara sendiri. Dokter Rachmawati mengatakan, perempuan yang sudah memasuki usia reproduksi wajib melakukan pemeriksaan ini setiap bulan.

Nah, Bunda ingin tahu, bagaimana langkah tepat melakukan SADARI agar hasilnya akurat? Bagaimana pula cara mencegah kanker payudara sejak dini? Yuk simak langsung penjelasan dokter Rachmawati dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (12/10/2021), mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema: Mengenal Ciri dan Gejala Kanker Payudara, program ini akan dipandu Zika Zakiya selaku Managing Editor HaiBunda.com. Selain itu, hadir juga Bunda Nitta Suzanna, Breast Cancer Survivor yang siap berbagi pengalaman.

Bagi Bunda yang ingin bertanya, tuliskan saja di kolom komentar artikel ini atau saat live berlangsung. Jangan lupa pasang alarm, Bunda!

Jika terlewat menonton saat live, Bunda bisa saksikan selengkapnya di IGTV @haibundacom. Semoga bermanfaat ya...

Simak juga 5 langkah pijat payudara untuk cukupi kebutuhan ASI Si Kecil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!