sign up SIGN UP search

haibunda-squad

Keren! Puma, Bunda Muda Calon CEO Perempuan Fintech Syariah Pertama di Indonesia

Muhayati Faridatun Senin, 25 Oct 2021 08:25 WIB
Financial Planner Putri Madarina, CFP Financial Planner Syariah Putri Madarina, CFP/ Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Putri Madarina, CFP®, adalah seorang bunda muda kelahiran Amerika Serikat (AS), 33 tahun silam. Ibu satu anak yang akrab disapa Puma ini biasa dikenal sebagai financial planner atau influencer keuangan syariah.

Sejak SD, Putri sudah dilatih orang tuanya agar memiliki kebiasaan keuangan (financial habbit) dan mindset keuangan yang baik. Caranya macam-macam, Bun, salah satunya dengan menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung.

Tapi, bukan berarti Putri tak pernah hidup boros. Ia mengaku, dirinya pernah kalap jadi shopaholic, Bun. Bahkan, ia sampai menyia-nyiakan uangnya untuk belanja lipstik dengan warna hampir sama.


"Saya punya 100 lipstik yang warnanya hampir serupa," ucap Puma kepada HaiBunda, baru-baru ini.

Hingga akhirnya, berbekal mindset dan behaviour yang terlatih sejak kecil, Putri tak kesulitan untuk meninggalkan sifat boros itu. Ia lalu menjalani berbagai bisnis, termasuk di bidang fashion. Tapi, kecintaan pada industri keuangan membuatnya menentukan pilihan.

"Saya menetapkan hati untuk mendalami industri keuangan, lalu hijrah ke keuangan syariah. Saya juga mendirikan komunitas keuangan syariah bernama Halalvestor," tutur wanita yang sempat menjabat Vice President termuda di e-cash Mandiri.

Financial Planner Putri Madarina, CFPFinancial Planner Putri Madarina, CFP/ Foto: Dok. Pribadi

Pendidikan di Harvard

Saat ini, Putri sedang menempuh pendidikan di Harvard Executive Education bidang Sustainable Business Strategy. Karena sedang pandemi COVID-19, ia mengikuti pembelajaran secara online.

Lulusan Master of Business Administration (Professional Degree) Universitas Bina Nusantara ini bercerita, alasan memilih bidang tersebut karena sangat tertarik dengan social enterprise. Jadi, tak hanya berbisnis sekadar cari keuntungan, tapi juga membantu lingkungan sosial.

"Saya major S1-nya graphic design karena tahun 2012 jarang banget major non-financial, lalu ambil sertifikasi (financial planner). Saya pingin ilmu saya berguna untuk orang lain," kata wanita yang pernah menjabat sebagai manajer bisnis di berbagai perusahaan besar ini.

Kini, Putri sedang merintis sebuah platform fintech syariah Vestora. Perlu Bunda tahu, fintech syariah ini punya pengertian luas, salah satunya sebagai platform yang mempertemukan pemodal dan pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Jadi memberikan permodalan dengan skema bagi hasil," Putri menjelaskan.

CEO Perempuan Fintech Syariah Pertama

Putri selalu mengantongi visi sosial sejak mendirikan komunitas keuangan, hingga fintech syariah yang dirintisnya. Ia mengaku, proses perizinan fintech syariah enggak mudah, Bun. Bahkan membutuhkan waktu hampir setahun.

Rencananya, platform fintech syariah milik Putri akan dirilis pada awal 2022. Ia pun bakal jadi CEO perempuan fintech syariah pertama di Indonesia. Keren!

"Insyaa Allah jadi CEO perempuan satu-satunya fintech syariah di Indonesia. Jadi, perusahaan yang lagi saya bangun bukan cuma memikirkan keuntungan, tapi ada impact signifikan ke masyarakat," ungkapnya.

Nah, kalau Bunda penasaran ingin mengenal sosok Putri Madarina lebih dalam, yuk gabung HaiBunda Live di Instagram @haibundacom pada Selasa (26/10/2021), mulai pukul 13.30 WIB. Tema yang akan dibahas yakni: Bunda Mandiri Manfaatkan Peluang di Dunia Parenting.

Jika Bunda ada pertanyaan seputar tema atau bisnis online, tuliskan saja dengan klik di SINI.

Semoga bermanfaat ya...

Saksikan juga 3 hal yang perlu disiapkan jika Bunda ingin berjualan tanaman, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!