sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Mengulik Serba-serbi Tes IQ Bersama Pakar, Dapatkan Hadiah Menarik Bun!

Tim HaiBunda   |   Haibunda Senin, 30 May 2022 12:54 WIB
HaiBunda Live Serba-serbi Tes IQ caption
Jakarta -

#HaiBunda Bunda penasaran dengan tingkat kecerdasan Si Kecil? Salah satu cara mengetahuinya yakni dengan melakukan tes IQ atau intellectual quotient. Seperti apa sih tes ini dan seberapa penting dilakukan?

Sebelumnya Bunda perlu tahu, tes IQ dilakukan untuk membantu mendiagnosis disabilitas intelektual atau mengukur potensi anak. Dikutip dari Healthline, National Institute of Child Health and Human Development memaparkan tingkatan hasil tes IQ.

Sebanyak 85 persen anak-anak dengan gangguan intelektual memiliki hasil tes IQ antara 55 dan 70. Skor 100 dianggap sebagai nilai rata-rata, Bunda. Sedangkan hasil tes IQ tinggi atau di atas 100, biasanya dikaitkan dengan kecerdasan tinggi.


Bila hasil tes 130 atau lebih, dianggap sebagai kecerdasan ekstrem. Tapi, hasil ini bersifat stereotip, Bunda. Biasanya, anak-anak dengan hasil tes IQ tinggi ini punya banyak potensi, bukan karena mereka sangat pintar.

Nah, usia berapa anak bisa dites IQ? Bagaimana kalau hasil tes sangat rendah? Bisakah Bunda lakukan stimulasi untuk meningkatkan hasil tes tersebut? Tanyakan langsung ke pakarnya yuk! Bubun mau membahas tentang tes IQ bersama psikolog dan psychometrician.

Ada dr. Istiani, seorang psychometrician yang menjabat sebagai Head of Psychology Laboratorium Binus Bekasi, dan Devi Sani, M.Psi., seorang psikolog anak dan founder @rainbowcastleid. Mereka akan hadir dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa, 31 Mei 2022, mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Serba-serbi Tes IQ, acara ini akan dipandu Managing Editor HaiBunda, Zika Zakiya. Bagi Bunda yang ingin bertanya, tuliskan di kolom komentar saat live ya! Bubun punya hadiah menarik lho untuk 3 pertanyaan terbaik.

Jangan sampai terlewat!

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!