sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Bagaimana Cara Tepat Mendeteksi Kecerdasan Anak? Tanya Psikolog Yuk

Muhayati Faridatun   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 17:37 WIB
HaiBunda Live Cara Mendeteksi Kecerdasan Anak HaiBunda Live Cara Mendeteksi Kecerdasan Anak/ Foto: Annisa Shofia Khairina
Jakarta -

#HaiBunda Sebagai orang tua, Bunda dan suami tentu ingin Si Kecil tumbuh sehat dan cerdas. Potensi dan kecerdasan anak memang perlu diasah sejak dini, Bunda. Lalu, bagaimana cara mendeteksinya?

Setiap anak pasti punya kegemaran masing-masing. Bunda bisa mengamati apa saja aktivitas favorit Si Kecil sehari-hari di rumah. Misalnya, ada anak yang suka menggambar, membaca, menari, bernyanyi, atau hobi membongkar-bongkar mainan.

Si Kecil di rumah hobinya apa, Bunda? Kadang bingung ya, saat melihat kesukaan anak yang masih berubah-ubah. Seperti anak pertama Bubun yang perempuan, dulu hobi banget menggambar dan bikin mainan DIY (Do It Yourself).


Sejak kenal game online, hobinya mulai luntur. "Aku lagi bosan menggambar, Bun!" begitu alasannya.

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Tapi baru-baru ini, Si Kakak mendadak minta dibelikan pen tablet, gadget untuk menggambar. Katanya, dia mau pakai uang THR alias angpao yang didapat saat Hari Lebaran. Hmmm, Bubun auto mikir sambil cek merek dan harga.

Kadang terbesit juga pertanyaan, benar enggak ya, potensi dan kecerdasan Si Kakak memang di bidang ini? Dijelaskan Irma Gustiana A, M.Psi., Psikolog., CPC., membantu anak-anak mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki bisa lewat pujian, Bunda.

"Ucapkan kalimat yang spesifik terkait apa yang sudah bisa dia lakukan. Misalnya, 'Wah, gambar Kakak semakin rapi. Menurut Bunda, Kakak hebat'. Jadi lebih baik spesifik," tulis Irma di Instagram @ayankirma.

Nah, Bunda juga perlu tahu bagaimana caranya mendeteksi kecerdasan anak sejak dini. Tanyakan langsung yuk ke Bunda Irma dalam HaiBunda Live di Instagram @haibundacom, pada Selasa (10/5) mulai pukul 19.00 WIB.

Dengan tema Cara Mendeteksi Potensi dan Kecerdasan Anak, acara ini akan dipandu Editor HaiBunda Prita Daneswari. Bubun juga mengundang dua member HaiBunda Squad lho, yang berkesempatan join live dan bertanya langsung ke narasumber.

Catat waktunya ya, Bunda. Kalau mau join HaiBunda Live, yuk daftar komunitas HaiBunda Squad. Gratis dan bisa dapat banyak giveaway! Cara daftarnya cek di SINI.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!