sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Apakah Hepatitis Misterius Berkaitan dengan COVID-19? Simak Penjelasannya Bun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 21:00 WIB
Ilustrasi hepatitis akut misterius Ilustrasi anak alami hepatitis akut/Foto: Getty Images/iStockphoto/RecycleMan
Jakarta -

Sejak beberapa waktu belakangan, kita semakin waswas dengan ancaman hepatitis akut. Apalagi, ini semakin terasa mengancam karena asal muasalnya masih abu-abu alias belum diketahui secara pasti ya, Bunda?

Dijelaskan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), kasus hepatitis  misterius ini banyak ditemukan pada anak usia di bawah 16 tahun.

Kemudian, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merilis hasil studi terbaru tentang temuan adenovirus 41 dalam 7 sampel di Indonesia. Kemenkes menduga ada kemungkinan hepatitis akut misterius ini bisa menular lewat udara.


"Penularan hepatitis akut berat ini diperkirakan lewat dua cara, yaitu melalui udara atau airbourne karena ada kecurigaan dengan adanya virus yang kita sebut sebagai adenovirus," kata Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi.

"Kemudian virus hepatitis sendiri ya, sebagian besar menyebar dan menularkan melalui makanan fecal oral."

Dengan situasi seperti ini, tentunya kita semakin khawatir anak terpapar virus selama beraktivitas di luar rumah, ya? Terlebih, kini Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah sudah mulai kembali berjalan.

Beberapa dari Bunda mungkin penasaran, kira-kira mengapa virus ini muncul usai pandemi COVID-19? Ternyata, penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki keterkaitan.

Banner Cara Membuat Infused WaterBanner Cara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

Dokter spesialis anak, dr. Melisa Anggraeni, M.Biomed, Sp.A, menjelaskan bahwa SARS-CoV-2 yang menyebabkan COVID-19 sudah lama ada. Virus tersebut tak hanya menginfeksi saluran napas, juga pencernaan.

"Jadi virus ini bisa menyebabkan infeksi saluran napas atas tetapi juga bisa juga menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare atau muntah," tuturnya, dikutip dari Kulwap HaiBunda dengan tema Kenali Virus Hepatitis untuk Cegah Hepatitis Akut pada Anak, pada Jumat (17/6/2022).

Tetapi, virus ini bisa mengakibatkan hal lain jika kasusnya berjalan hingga berkepanjangan. Sebut saja menyebabkan hepatitis atau gangguan fungsi hati lainnya.

"Pada kasus yang berkepanjangan memang bisa jadi dia menyebabkan hepatitis, di mana ada gangguan pada fungsi hatinya," tuturnya.

Kondisi ini amat mengancam bagi anak-anak dengan daya tahan tubuh yang rendah, Bunda. Lalu mengapa adenovirus kini alami peningkatan?

"Hipotesisnya dari para ahli, bisa juga ini disebabkan karena pandemi COVID-19 yang kemarin. Jadi semuanya terfokus pada COVID, semuanya jadi isolasi di rumah dan Adenovirus ini jadinya jarang terpapar."

"Nah akhirnya, karena jarang terpapar virus ini mengalami mutasi. Ketika virus ini mengalami mutasi, barulah menyebabkan sebuah infeksi hepatitis yang sekarang ini," ujarnya.

Lalu, di sisi lain ada pula yang mengatakan bahwa hepatitis misterius ini muncul karena vaksin COVID-19, Bunda. Apakah hal tersebut benar?

Melisa menjelaskan bahwa terkait hal tersebut, tak bisa dijadikan patokan, Bunda. Kenapa? Karena kasus ini juga menyerang pada usia balita yang belum mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

"Balita ini belum menerima vaksin covid gitu. Jadi, sebenarnya ini tidak ada sebuah kesesuaian antara hepatitis akut yang misterius ini dengan riwayat pernah mendapatkan vaksinasi covid sebelumnya," tuturnya.

Gejala klinis

Perhatikan kondisi anak, Bunda. Jika mengalami beberapa gejala berikut, segera diperiksa untuk mendapatkan perawatan, ya.

1. Kuning
2. Muntah
3. BAB dempul
4. Lelah tak berenergi
5. Diare
6. Sakit perut
7. Demam
8. Masalah pernapasan

Pencegahan

Untuk pencegahan, salah satu strategi yang dapat kita lakukan yakni dengan menghindarkan menjaga makanannya. Pastikan semuanya dalam kondisi steril dan selalu ingatkan untuk menjaga kebersihan.

"Kita benar-benar menjaga bahwa segala sesuatu yang masuk ke mulut si kecil adalah dalam kondisi steril, kemudian jangan lupa mencuci tangan, jangan lupa menjaga kebersihan juga. Kebersihan makanan, alat makan, dan sebagainya. Jadi segala sesuatunya terlindung dari infeksi virus ini," pesannya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 7 hal soal hepatitis misterius yang perlu Bunda ketahui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/pri)
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!