sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Persiapan Melahirkan di Bidan, Lakukan Hal Penting Ini untuk Kurangi Rasa Nyeri

Annisa A   |   Haibunda Kamis, 09 Jun 2022 09:20 WIB
Father and mother holding a new born baby with a doctor in a hospital room Ilustrasi Melahirkan di Bidan / Foto: Getty Images/iStockphoto/Wavebreak
Jakarta -

Banyak pilihan yang bisa Bunda dapatkan ketika akan melahirkan. Tak hanya di rumah sakit, bidan juga menjadi salah satu opsi yang banyak diminati.

Bidan merupakan tenaga profesional yang akan memberikan bantuan mulai dari Bunda hamil hingga melahirkan. Namun sebelum berencana melahirkan di bidan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan.

Salah satu syarat melahirkan di bidan adalah kondisi kesehatan Bunda yang prima, dalam artian tidak ada masalah medis yang terjadi pada janin dan bunda. Simpelnya, para Bunda yang disarankan melahirkan di bidan biasanya adalah yang berisiko rendah melakukan operasi caesar.


"Bidan itu spesialisasinya persalinan fisiologi. Secara natural, atau prevaginam," kata Bidan Jamilatus Sa'diyah dalam sesi HaiBunda Live, Selasa (7/6/22).

"Harus kehamilan sehat, tidak ada riwayat komplikasi seperti tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan preeklampsia. Apabila memiliki kondisi itu perlu kolaborasi dengan dokter kandungan, sehingga nanti apabila ada rujukan, kita siap pindah ke rumah sakit," tuturnya.

Banner Resep Budget Rp30 RibuBanner Resep Budget Rp30 Ribu/ Foto: Annisa Shofia

Tak menutup kemungkinan bahwa Bunda yang memiliki riwayat melahirkan secara caesar dapat melakukannya secara normal pada persalinan berikutnya. Akan tetapi, Bidan Mila menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter kandungan di rumah sakit.

Selain memahami kondisi kesehatan diri sendiri, Bunda juga harus mengenal bidan apabila ingin melahirkan dengan mereka. Sama seperti melahirkan di rumah sakit, Bunda hamil perlu melakukan kontrol secara rutin sejak usia kehamilan muda.

"Tetap harus rutin kontrol karena bidan juga harus kenal dengan pasien. Jangan sampai di akhir kehamilan baru kenalan," ucap Bidan Mila.

Sebelum melahirkan di bidan, Bunda perlu melakukan persiapan fisik pada masa kehamilan. Bunda yang sedang hamil disarankan untuk berolahraga sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Hal itu dilakukan untuk mengumpulkan stamina yang nantinya akan digunakan ketika melahirkan. Apabila tidak memiliki stamina yang cukup, Bunda akan kesulitan saat menghadapi kontraksi karena cepat merasa lelah.

"Pengaruhnya terdapat di panggul. Jadi panggul kita ini lentur danĀ bisa bergerak, namun panggul ini perlu dilenturkan dengan olahraga," kata Bidan Mila.

"Orang zaman dulu bilang melahirkan itu gampang karena ada perubahan gaya hidup dan aktivitas ibu hamil dulu dan sekarang. Mereka mungkin terbiasa jalan kaki berkilo-kilometer. Tapi kita sekarang rebahan dan main HP, sehingga perlu dilatih lagi fisiknya," terangnya.

Selain latihan fisik, ada juga persiapan yang perlu dilakukan. Lihat halaman selanjutnya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo BankĀ di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga tips persiapan melahirkan dari bidan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



PERHATIKAN NAPAS UNTUK MENGONTROL NYERI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!