sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Yuk Sayangi Diri & Saling Berbagi Demi Kesehatan Mental Keluarga Bunda

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 18:35 WIB
Temu Kangen MotherHope Indonesia Temu Kangen MotherHope Indonesia/ Foto: Dok. MotherHope Indonesia
Jakarta -

#HaiBunda Kehadiran seorang anak tentu jadi momen membahagiakan bagi orang tua. Setuju kan, Bun? Tapi, setelah punya anak, banyak bunda yang 'melupakan' dirinya. Mulai dari lupa merawat diri, nggak sempat me time, atau couple time bareng suami.

Pada masa transisi jadi orang tua, banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan Bunda. Mulai dari peran, tanggung jawab, hingga identitas sebagai suami istri. Tak dimungkiri, periode transisi ini disebut sebagai masa yang penuh tekanan.

Inilah yang membuat MotherHope Indonesia (MHI) peduli terhadap kondisi psikologis para orang tua. Organisasi non profit ini memahami betul, kesehatan mental Bunda dan Ayah perlu dijaga demi menciptakan keluarga bahagia.


Setuju kan, kita perlu banget merawat dan mencintai diri, serta saling berbagi dan mendukung sesama orang tua. Oleh karena itu, MHI bekerja sama dengan IHC Telemed dan RSPP mengadakan acara Temu Kangen bertajuk Dear Parents, Sayangi dan Rawat Dirimu, pada 4 September 2022.

Acara ini digelar di Auditorium Gedung Graha RSPP secara hybrid dan dihadiri 58 peserta luring dan 250 peserta daring. Acara dibagi jadi tiga sesi, yakni 'Ketika Buah Hati Sulit Makan', 'Love Yourself dengan Journaling', serta sesi 'Pijat Bayi'.

Temu Kangen MotherHope IndonesiaTemu Kangen MotherHope Indonesia/ Foto: Dok. MotherHope Indonesia

Hadir sebagai narasumber sesi pertama yakni dr. Wulan Sasmeita, Sp.A, MBiomed., yang membahas MPASI gizi seimbang, penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya. Selanjutnya, ada dr. Gina Anindyajati, Sp.KJ., yang mengingatkan pentingnya perawatan diri untuk menjaga kesehatan jiwa orang tua saat anak susah makan.

Sesi kedua menghadirkan dra. Anisa Cahya Ningrum, yang mengajak para orang tua belajar journaling. Ini salah satu metode untuk mencintai diri lebih dalam, Bunda. Lalu di sesi ketiga, ada dr. Ameetha Drupadi, CIMI, yang memandu 20 Ayah dan Bunda untuk mempraktikkan pijat bayi.

Sangat bermanfaat ya, Bunda. Jadi diharapkan lewat acara ini, kesadaran masyarakat khususnya para orang tua tentang kesehatan mental keluarga semakin besar. Bunda bahagia, keluarga pun bahagia.

Bunda simak juga yuk, cerita Titi Kamal tentang kehidupan rumah tangga bersama Christian Sugiono, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!