sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Penting Disadari, Ini Ciri Bunda Punya Luka Inner Child dan Cara Mengatasinya

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 19 Oct 2022 09:45 WIB
sedih Ciri Bunda Punya Luka Inner Child dan Cara Mengatasinya/Foto: Getty Images/iStockphoto/Bennian
Jakarta -

Bunda mungkin sudah tak asing dengan istilah inner child, bukan? Dewasa ini, istilah tersebut semakin sering terdengar seiring semakin digemakannya kampanye soal kesehatan mental.

Tapi, tahukah Bunda makna sebenarnya dari inner child? Dijelaskan oleh psikolog klinis RA. Oriza Saviva, S. Psi, Psi, CH, CCR, inner child adalah sesuatu yang menjadi bagian dari diri kita.

Ini berupa emosi dan mental yang ada sejak lahir dan berkembang pesat di masa kanak-kanak. Jika semasa kecil kita mendapatkan trauma, maka ini dapat berdampak negatif di kemudian hari.


Oriza menyebut bahwa inner child ini tak selamanya menjadi hal yang negatif. Komponen inner child itu ditandai dengan adanya kenangan, emosi, keyakinan, harapan, impian di masa depan.

"Jadi inner child itu sekumpulan gejala di masa lalu dan terkait masa depan, intinya begitu," tuturnya, dikutip dari IG Live HaiBunda pada Selasa (18/10/2022).

"Inner child merupakan salah satu yang melekat dalam diri kita, bukan bagian yang terpisah. Setiap orang punya sisi inner child masing-masing, tergantung bagaimana kenangan dan cara mengolahnya," terangnya.

Ciri seseorang memiliki inner child

Ada beberapa tanda atau ciri yang bisa terlihat jika seseorang memiliki inner child negatif. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Bermasalah dengan orang lain

Sikap ini berlaku pada siapapun pun. Seseorang dengan inner child negatif biasanya memiliki masalah dengan orang-orang yang berada dalam ruang lingkupnya, termasuk pasangan.

"Dengan pasangan atau orang lain yang selalu bermasalah. Berada dalam satu kelompok dia bermasalah, berada dalam tim kerja juga. Ini kemungkinan ia memiliki masalah dengan inner child," kata Oriza.

"Mungkin dia memiliki keyakinan yang salah atau trauma di masa kecil. Misal, 'Saya dulu suka di-bully, jadi saat berada di dalam kelompok (saat dewasa) harus hati-hati agar tak terulang (di-bully)'. Penghayatan-penghayatan yang salah ini menimbulkan inner child yang salah di masa depan."

2. Obsesif

Sifat obsesif hingga kecemasan ini juga menjadi bagian, Bunda. Misalnya, seseorang akan takut jika pasangan kenapa-kenapa, tiap sebentar ditanyai lokasi, dan lain sebagainya.

"Orang-orang yang obsesif atau pencemas yang berlebihan, itu gejalanya," jelas Oriza.

3. Trust issue

Trust issue ini merupakan situasi ketika seseorang mengalami rasa sulit percaya pada orang lain. Biasanya ini disebabkan oleh beberapa hal dan salah satunya membuat seseorang sulit untuk yakin pada sesuatu seperti pernikahan.

"Seseorang yang masih enggan untuk menikah, mungkin ada inner child yang kurang bagus di masa lalu."

4. Kaku

Terlalu kaku atau perfeksionis bisa terjadi karena masa kecilnya juga tak baik. Bisa jadi ketika kecil dididik terlalu keras, pola militer, harus selalu sempurna, terlalu disiplin.

5. Pembicaraan negatif

Seseorang yang memiliki luka pada inner child-nya kerap berbicara hal-hal negatif, baik tentang dirinya sendiri maupun dengan hal-hal yang dia proyeksikan kepada orang lain.

6. Pesimis

Ciri lain seseorang punya luka inner child adalah adanya sifat demotivasi yang kuat, cenderung tak punya prestasi, masa bodo, apatis, juga bisa menjadi bagian dari seseorang dengan inner child negatif.

"Jangan-jangan dia punya masalah inner child yang menjurus traumatis," tegas Oriza.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Kesehatan mental anak bisa dipengaruhi faktor genetik, simak penjelasan dokter dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGATASI INNER CHILD
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!