sign up SIGN UP search


haibunda-squad

3 Cara Atasi Parental Burnout yang Bunda Rasakan, Salah Satunya Detoks Medsos

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 22 Dec 2021 09:20 WIB
Displeased teen girl looking at her smartphone sitting on the stairs outdoors ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ASIFE
Jakarta -

Memiliki kesehatan mental sama dengan kesehatan fisik. Tidak ada orang yang 100 persen sehat, Bunda. Walau demikian, kita perlu melakukan usaha-usaha untuk mewujudkan kesehatan mental itu dengan sadar.

Seperti kesehatan fisik, kita perlu medical check up sebulan sekali, setahun sekali. Nah, untuk kesehatan mental pun sama. Kita perlu berlatih self care emosi, hal-hal yang kita lakukan tiap hari untuk membantu kesehatan mental kita.

Bicara tentang kesehatan mental, Bunda pernah dengar istilah burnout? Burnout itu kondisi tubuh Bunda merasa lelah karena banyaknya emosi yang muncul. Menyoal burnout pada para bunda, menurut psikolog anak dan keluarga Anastasya Satriyo itu hal yang tak jarang dialami perempuan.


Namun, perlu diingat, Anas mengatakan bahwa limit atau batas burnout setiap orang itu berbeda-beda. Sehingga, tidak perlu membanding-bandingkan.

"Analoginya kita angkat beban nih, buat bunda yang sudah biasa olahraga angkat beban 10 kg, mungkin gampang banget buat dia. Mungkin udah advanced banget nih 20-30 kg itu sudah biasa buat dia," kata Anas, di Live Instagram HaiBunda 'Menjadi Bunda Waras di Tengah Gempuran Media Sosial', Selasa (21/12/2021).

"Tapi buat orang yang enggak pernah olahraga, angkat beban 5 kg saja sudah capek banget. Dan ini bukan berarti satu lebih jago, tapi sudah terbiasa saja. Dalam kesehatan mental seperti itu."

Banner Pria Korea Syok Nikahi Wanita RI

Anas kembali mencontohkan, bunda yang baru punya bayi. Dia bisa saja burnout karena perubahan hormon luar biasa, sama bunda yang sudah punya dua tiga anak. Dua bunda tadi tak bisa dibandingkan batasan burnout mereka.

"Karena setiap orang dalam memproses emosi itu berbeda-beda," ujarnya.

Jika Bunda merasa sudah burnout saat mengasuh anak. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga tips mengatasi parental burnout melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS ATASI BURNOUT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!