sign up SIGN UP search

haibunda-squad

3 Faktor Penting untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi 1.000 Hari Pertama Si Kecil

ANNISAAFANI   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 21:45 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Ilustrasi 3 Faktor Penting untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi 1.000 Hari Pertama Si Kecil. Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Bunda tentunya tidak asing dengan istilah 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak, bukan? Selama masa 1.000 hari pertama ini, kebutuhan gizi anak perlu dipenuhi dan diperhatikan dengan seksama.

Perlu untuk Bunda ketahui, nyatanya kebutuhan gizi yang sempurna ini harus dinilai sejak anak masih dalam kandungan. Dijelaskan oleh ahli gizi Winda Ekayanti, MND (Master of Nutrition and Dietetics), Bunda bisa memulainya saat pertama kali tahu adanya kehamilan.

"Jadi, 1000 hari itu dihitung sejak bayi sejak ada dalam kandungan. Jadi, Bunda-bunda pada saat tahu hamil, langsung persiapkan gizi yang baik untuk diri sendiri dan bayi sampai nanti anak lahir hingga berusia sekitar 3 tahunan," tutur ahli gizi Winda dalam Live Instagram HaiBunda, Selasa (24/1/2022).


Faktor penting pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan

Berikut beberapa hal penting yang perlu Bunda ketahui soal kebutuhan gizi 1.000 hari pertama kehidupan anak:

1. Dimulai dari sebelum hamil

Kebutuhan anak sejak 1.000 hari pertama kehidupan dimulai sejak ia pertama kali muncul dalam kandungan. Oleh karena itu, Winda menyarankan agar Bunda turut menyiapkan diri sebelum hamil.

"Gizi itu sangat penting sekali. Buat Bunda saya sarankan, sebelum hamil juga sudah persiapkan gizinya," pesannya.

2. Memengaruhi perkembangan fisik hingga kecerdasan otak

Gizi yang dibutuhkan anak selama 1.000 hari pertama dalam kehidupan ini bukan hal yang bisa ditawar, Bunda. Ini benar-benar harus diperhatikan karena berkaitan dengan perkembangan fisik, otak

"Pada masa awal bayi lahir sampai dia tumbuh, itu terjadi pertumbuhan yang sangat pesat. Mulai dari berat badan, tinggi badan, semua organ penting dalam tubuh berkembang. Jadi sangat penting untuk memenuhi gizinya," tutur Winda.

"Ini enggak cuma dari perkembangan fisik saja, tapi perkembangan otak yang optimal juga perlu diperhatikan," sambungnya.

3. Memengaruhi kesehatan jangka panjang

Jika saja kebutuhan gizi anak di masa pertumbuhan tak cukup, maka ada risiko yang mengintai. Efek yang paling buruk, anak bisa memiliki masalah kesehatan yang mungkin akan muncul ketika dewasa.

"Kalau pemenuhan gizi enggak baik selama tumbuh kembang, ada kemungkinan mengganggu tumbuh kembang. Ini akan memengaruhi secara fisik, kecerdasan otak, kesehatan mental, juga komplikasi kesehatan saat dewasa," ungkap Winda.

"Ya, ini efeknya jangka panjang. Maka penting banget buat Bunda untuk memperhatikan kebutuhan gizi Si Kecil," terangnya.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 4 tips mengatur keuangan untuk promil anak kedua di 2023 menurut ahli dalam video berikut;

[Gambas:Video Haibunda]

PERSIAPKAN GIZI 1000 HARI PERTAMA ANAK SEJAK PROMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!