sign up SIGN UP search

kehamilan

Tren Pregnancy Nose di TikTok, Benarkah Ukuran Hidung Bisa Berubah saat Hamil?

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Senin, 23 Jan 2023 21:05 WIB
Hidung ibu hamil Tren Pregnancy Nose di TikTok/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Bicher
Jakarta -

TikTok menjadi media berbagi segala hal, termasuk soal kehamilan. Baru-baru ini, pengguna TikTok ramai membahas soal pregnancy nose yang dialami sebagian ibu hamil atau bumil, Bunda.

Pengguna TikTok menggunakan tagar #PregnancyNose untuk membagikan cerita seputar perubahan ukuran hidungnya saat hamil. Tak sedikit bahkan yang mengunggah foto before-after kehamilan saat mengalami pregnancy nose.

Sebelumnya, sudah banyak seleb Hollywood yang juga menceritakan pengalaman pregnancy nose mereka lho. Dilansir People, beberapa di antaranya adalah Chrissy Teige dan Cyn Santana.


Apa itu prenancy nose?

Pregnancy nose bukanlah istilah medis. Kondisi ini merujuk pada perubahan ukuran hidung menjadi lebih besar saat hamil.

Pregnancy nose adalah salah satu tanda kehamilan. Ukuran hidung bumil biasanya bisa menjadi lebih besar menjelang persalinan.

"Meski pregnancy nose bukan istilah medis, banyak ibu hamil memiliki hidung yang tampak lebih besar menjelang akhir kehamilan dan sering mengalami postnasal drip," kata direktur medis Aeroflow Breastpumps, Dr. Jessica Madden, MD, IBCLC, dikutip dari Parents.

Penyebab pregnancy nose

Pregnancy nose dapat terjadi karena perubahan hormon selama kehamilan, Bunda. Perubahan hormon ini membuat volume dan aliran darah meningkat, sehingga menyebabkan hidung lebih besar.

"Perubahan hidung ini disebabkan oleh peningkatan volume darah yang berhubungan dengan hormon selama kehamilan," ujar Madden.

Hal yang sama juga dijelaskan Dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi yang berbasis di Florida, Dr. Christine Greves. Menurutnya, pembengkakan pada hidung adalah gejala nyata kehamilan yang disebabkan peningkatan aliran darah.

"Alasan yang mendasarinya adalah hormon yang meningkat pada masa kehamilan. Hormon tersebut menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang dapat membuat aliran darah meningkat ke area tertentu," ujar Greves kepada Today.

"Jadi, beberapa area di tubuh kita yang memiliki selaput lendir akan mengalami peningkatan aliran darah, dan hidung adalah salah satunya."

Lalu apakah pregnancy nose bisa memengaruhi kehamilan dan membahayakan janin? Simak penjelasan lengkap, di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 ciri kehamilan sehat, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
APAKAH PREGNANCY NOSE BERBAHAYA?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!