sign up SIGN UP search

parenting

7 Perbedaan Anak Stunting, Wasting, Underweight, dan Cara Mengatasinya

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 08:56 WIB
Healthy Weight Gain for Baby or Children Concept, A 2 Years Old Kid Standing on Weight Scales, Top View Ilustrasi Beda Stunting, Wasting, dan Underweight/Foto: Getty Images/iStockphoto/BlackSalmon
Jakarta -

Tubuh anak membutuhkan jumlah dan kualitas nutrisi yang tepat dalam masa pertumbuhan serta perkembangannya, Bunda. Tak hanya itu, ada pula faktor lain yang memengaruhi seperti waktu tidur, pola makan yang benar, dan olahraga yang teratur.

Jika tidak mendapatkan nutrisi yang tepat, anak bisa saja mengalami berbagai permasalahan pada tumbuh dan kembangnya. Setidaknya ada tiga kondisi kekurangan nutrisi yang berdampak parah dan berjangka panjang pada tubuh.

Sebelumnya, Bunda mungkin sering mendengar tentang stunting. Kondisi stunting sendiri dapat menyebabkan anak tumbuh dengan kondisi tubuh yang pendek.


Selain stunting, ada pula kondisi wasting dan underweight. Meski sama-sama berhubungan dengan nutrisi, ternyata ada perbedaan-perbedaan di antara ketiganya.

Melansir dari berbagai sumber, ada beberapa perbedaan antara stunting, wasting, dan underweight, yang bisa Bunda ketahui. Dengan begitu, Bunda dapat memperhatikan dengan baik tumbuh kembang Si Kecil dan konsultasikan pada dokter.

Stunting

Stunting merupakan permasalahan gizi kronis pada balita yang didefinisikan sebagai tinggi badan lebih pendek daripada anak-anak seusianya, Bunda. Indonesia sendiri menjadi negara urutan kelima dunia kejadian stunting.

Stunting berbeda dengan kondisi wasting dan underweight. Berikut ini deretan perbedaannya seperti dilansir berbagai sumber:

  1. Disebabkan oleh nutrisi yang buruk, kebersihan buruk, infeksi, kurangnya air bersih, hingga perawatan kesehatan Bunda dan anak.
  2. Dapat sebabkan penurunan reproduksi, risiko obesitas, dan penyakit lainnya.
  3. Berdampak pada tingkat kecerdasan anak.
  4. Stunting sulit untuk diobati, tapi bisa dicegah.
  5. Tidak semua anak bertubuh pendek mengalami stunting.
  6. Bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan lingkungan, memberikan ASI eksklusif hingga bayi 6 bulan, melakukan aktivitas cukup, hingga mengonsumsi lauk dan pauk mengandung protein.
  7. Berakhir pada tingkat pendidikan yang rendah.

Klik pada halaman berikutnya untuk melihat perbedaan wasting dan underweight ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa saksikan juga video kenali tanda stunting pada anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
WASTING DAN UNDERWEIGHT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!