kehamilan

Cara Ini Bisa Bantu Kurangi Stretch Mark pada Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Rabu, 09 Aug 2017 06:55 WIB
Cara Ini Bisa Bantu Kurangi Stretch Mark pada Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, stretch mark bisa jadi momok buat beberapa bunda. Memang, ini nggak bisa dicegah. Tapi, ada kok, Bun yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi stretch mark ini.

Upaya mengurangi stretch mark ini kita lakukan di awal-awak kehamilan. Kata dr Yuslam Edi Fidianto SpOG dari RS Mayapada Lebak Bulus, kalau di awal kehamilan udah mulai kelihatan garis-garis kecil, Bunda bisa pakai losion. Selain itu, perhatikan juga riwayat di keluarga ya.

"Biasanya kalau di keluarga ada riwayat stretch mark, si ibu itu juga akan mengalami stretch mark. Nah, pemakaian losion bisa mengurangi stretch mark itu," kata dr Yuslam pas ngobrol sama HaiBunda.


dr Yuslam mengingatkang, nggak semua ibu hamil mengalami stretch mark. Soalnya, stretch mark terjadi karena kelenturan kulit yang notabene berbeda-beda nih pada ibu hamil. Nah, pada ibu yang punya kelenturan kulit rendah, jaringan kolagennya (yang menentukan elastisitas kulit) gampang pecah kolagen.

Ketika jaringan kolagen tipis dan mudah robek, ibu hamil bisa mengalami stretch mark. Sebaliknya, kalau jaringan kolagen Bunda tebal dan lentur, kulitnya bakal tetap bagus dan nggak timbul stretch mark.

Pakai losion, kata dr Yuslam tujuannya supaya kolagen jadi lebih lunak. Jadi, kalau diregangkan, kolagennya nggak langsung sobek karena masih bisa lentur sedikit. Buat Bunda yang hamil dan punya stretch mark, kata dr Yuslam kita tetap bisa pede alias percaya diri, kok.

"Kan dikasih krim terus, lama-lama jadi pudar, warna garisnya nggak cokelat sekali, jadi agak keputih-putihan," tutur dr Yuslam. (rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi