sign up SIGN UP search


kehamilan

Saat Ibu Hamil Pusing, Bolehkah Diredakan dengan Minum Kopi?

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 20 Oct 2017 16:12 WIB
Sering mengeluh pusing saat hamil, gimana ya cara mengatasinya? Ada yang bilang didiamkan aja, minum parasetamol, bahkan kopi. caption
Jakarta - Pusing jadi salah satu keluhan yang umum dirasakan ibu hamil. Kadang, ibu hamil menahan pusing yang dirasa, meredakannya dengan minum parasetamol, atau bahkan minum kopi.

Kalau kata dr Philip Agustinus SpOG dari RS Mayapada Tangerang, pusing yang dikeluhkan ibu hamil memang bisa terjadi akibat perubahan hormon. Bisa dibilang, pusing jadi keluhan yang nggak bisa dihindari ibu hamil, Bun. Ya, walaupun kata dr Philip ada juga ibu hamil yang nggak terlalu mengeluh pusing.

"Ibu bisa konsumsi obat untuk meredakan pusingnya, yang boleh itu parasetamol karena itu satu-satunya obat yang relatif aman. Tapi, kalau perlu aja ya. Kalau memang pusingnya masih bisa ditahan ya sebisa mungkin ditahan," kata dr Philip.


Tapi, ada juga nih ibu hamil yang minum kopi untuk membantu meredakan pusing yang dirasa. Salah satunya bunda bernama Dewi. Dia bilang, di awal hamil belum ada keluhan pusing. Tapi, masuk usia kandungan 15 bulan, Dewi mulai mengeluh pusing. Kalau minum obat, Dewi mengaku agak khawatir, Bun.

Baca juga: Nutrisi Penting Ibu Hamil Agar Janin Bebas dari Risiko Kecacatan

"Saya akhirnya minum kopi, dikit sih dan mendingan pusingnya nggak terlalu parah. Sebelumnya sudah konsul juga ke dokter. Tapi kopinya harus kopi tubruk," ujar Dewi.

Menanggapi hal ini, dr Philip bilang nggak masalah kalau memang minum kopi ampuh meredakan pusing yang dirasa, silakan diminum. Tapi, mesti diperhatikan juga jumlahnya ya. The American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan ibu hamil mengonsumsi kopi nggak lebih dari 200 mg per hari.

Konsumsi kafein berlebihan pada ibu hamil terkait sama risiko keguguran dan bayi lahir dengan berat badan rendah. Kata dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, perlu diingat ini adalah kadar kafein bukan cuma kopi, Bun. Soalnya, banyak makanan atau minuman yang kita konsumsi sehari-hari mengandung kafein.

Misalnya teh (sekitar 50 mg per cangkir), minuman soda berpemanis (sekitar 35 mg per cangkir), minuman energi (sekitar 80 mg per kemasan). Kata dr Hari, perlu diingat juga kopi mempunyai banyak jenisnya, mulai kopi komersial merk ternama di sudut-sudut mal dengan ukuran besar bisa mencapai 415 mg kafein dan 330 mg pada kemasan sedang di mana kopi satu cangkir instan yang biasa kita minum mengandung sekitar 60-100mg kafein.

"Kesimpulannya, boleh saja hamil minum kopi, tapi batasi 2 cangkir kopi per hari maksimal," kata dr Hari dikutip dari detikHealth

Baca juga: Perubahan yang Paling Menyenangkan Saat Hamil

(rdn)
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!