kehamilan

Kisah Bayi yang Lahir Saat Babymoon

Asri Ediyati Minggu, 04 Feb 2018 15:33 WIB
Kisah Bayi yang Lahir Saat Babymoon
South Yokshire, Inggris - Babymoon kerap dilakukan pasangan untuk mengenang masa-masa berdua sebelum si kecil lahir ke dunia. Namun, kali ini beda ceritanya dengan Ashley Challoner dan Jordan Wilson, pasangan asal Doncaster, South Yokshire, Inggris. Mereka pergi babymoon, namun saat tiba di tempat tujuan, sang istri melahirkan.

Jordan, sang ibu melahirkan putrinya dengan prematur. Putrinya lahir 15 minggu lebih awal, sehingga harus dirawat di rumah sakit selama dua bulan. Pasangan ini sedang babymoon di Venezia, Italia, sebagai hadiah Natal. Pagi harinya, Jordan terkejut saat bangun tidur dengan kondisi ada cairan di bawah kakinya. Ketubannya telah pecah.

Detik itu juga ia harus dipaksa untuk melahirkan yang seharusnya dijadwalkan pada bulan Maret 2018 mendatang dan pasangan tersebut bergegas ke rumah sakit di Trento. Pada tanggal 3 Desember, Jordan berhasil melahirkan anak perempuannya, Matilda Challoner. Berat Matilda sendiri kurang dari 0,5 kg.


Pasangan itu, yang memilih nama Matilda yang itu berarti 'pejuang', karena begitu lahir bayi mereka diberikan bantuan dengan tabung dan mesin karena ia tidak dapat bernapas tanpa bantuan. Matilda juga menderita penyakit lain, termasuk penyakit kuning, hemoglobin rendah, yang berarti dia membutuhkan transfusi darah dan infeksi.

Tapi, beberapa minggu yang lalu, ventilatornya diangkat dan akhirnya Matilda bisa menghirup udara pertamanya tanpa bantuan. Selama Matilda dirawat, Jordan dan Ashley duduk di samping tempat tidur Matilda setiap hari, termasuk pada Hari Natal.



"Lalu, kami mendapat telepon dari orang-orang asuransi, yang mengatakan bahwa para dokter telah menghubungi mereka dan mengatakan bahwa Matilda cukup baik untuk terbang. Ini yang pertama kita tahu. Berita itu luar biasa," kata Jordan dikutip dari Daily Mail.

Jordan didampingi oleh seorang pilot, dan staf kesehatan spesialis saat dia berangkat dari Bandara Verona Villafranca dengan ambulans udara pada hari Kamis saat pasangannya, Ashley Challoner (27) pulang ke rumah sehari sebelumnya.

Sementara mereka senang bisa terbang kembali ke Inggris, Jordan mengatakan bahwa dia dan Ashley berencana untuk membawa Matilda kembali ke tempat kelahirannya, Osperdale Santa Chiara di Trento, saat dia besar nanti. Karanya ini dilakukan untuk menunjukkan dan menceritakan kelahirannya.

Kisah Bayi yang Lahir Saat BabymoonBersama sang ibu, Jordan Wilson/ Foto: PA Real Life


Nah, kalau Bunda yang lagi hamil mau jalan-jalan termasuk babymoon, yang perlu diperhatikan adalah kondisi fisik. dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya bilang, yang jadi permasalahan saat ibu hamil sering travelling bukan semata-mata karena durasi lama naik pesawat, tapi justru si ibu kecapekan saat traveling.

Nah, agar nyaman pas bepergian, ada beberapa hal yang meski kita perhatikan, Bun. Baiknya, jangan pakai alas kaki ber-hak. Agar nyaman dan aman, pakai saja flat shoes. Terus, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat ya. Ingat, kebutuhan cairan wanita hamil minimal 2,5 liter sehari. Makanya, usahakan ibu hamil selalu bawa air minum agar nggak dehidrasi.

"Jangan lupa pula bawa wangi-wangian untuk antisipasi jika ada aroma atau bau yang membuat ibu hamil merasa tidak nyaman selama perjalanan," ujar dr Hari dalam wawancara dengan detikHealth.

(aci)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi