kehamilan

Ini Tentang Konsumsi Ikan Makarel bagi Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Sabtu, 31 Mar 2018 17:00 WIB
Ini Tentang Konsumsi Ikan Makarel bagi Ibu Hamil
Jakarta - Sudah semestinya ibu hamil mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Salah satunya yang mengandung protein yaitu ikan. Nah, kalau konsumsi ikan makarel untuk ibu hamil gimana ya? Apalagi baru-baru ini ada isu temuan ikan makarel kalengan yang mengandung parasit cacing.

Hal ini pun nggak lepas dari perhatian para ibu nih, terutama ibu hamil. Seperti seorang teman saya yang khawatir dan bertanya-tanya kira-kira aman nggak ya kalau ibu hamil mengonsumsi ikan makarel. Nah, kebetulan saya ketemu sama Dr dr Budi Iman Santoso SpOG(K), MARS dari RS YPK Mandiri, saya tanyakan aja deh perihal ini.

"Kalau ikan kalengan prinsipnya yang dilihat dua ya menurut saya, sudah lolos uji dari Badan POM dan nggak lewat tanggal kedaluwarsa ya aman. Untuk pengolahannya sudah pasti akan lebih baik kalau dimasak lebih dulu, matang, sebelum dikonsumsi," kata dr Budi.


Cuma nih, Bun, dr Budi mengingatkan pada ibu hamil akan lebih baik kalau memperbanyak konsumsi ikan segar ketimbang ikan kalengan. Sudah pasti nutrisi dan gizinya lebih baik ikan segar dong. Ya nggak, Bun?



"Prinsipnya semua jenis ikan, ibu hamil boleh makan. Cuma tadi cara mengolahnya baik sekali kalau dimasak sampai matang ya," ujar dr Budi.

Dikutip dari Live Strong, king mackerel baiknya dihindari selama hamil karena disebut memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Soalnya, paparan merkuri yang terlalu tinggi dan terakumulasi di aliran darah bisa memengaruhi perkembangan otak dan saraf si kecil. Sementara itu, jenis spanish atau gulf mackerel tidak terlalu mengandung merkuri tinggi.

"Tapi ibu hamil perlu membatasi jumlah konsumsinya, jangan lebih dari tiga kali sebulan dengan jumlah per makan maksimal 6 ons," kata American Pregnancy Association.

Tapi kita perlu ingat, Bun, merkuri nggak hanya satu hal yang jadi perhatian kita ketika akan mengonsumsi ikan termasuk makarel. Soalnya, bisa jadi banyak bakteri dan parasit yang terkandung di dalam ikan. Bakteri dan parasit ini ketika masuk ke aliran darah bisa menembus plasenta dan memengaruhi perkembangan si kecil.

Untuk membunuh bakteri dan parasit ini, foodsafety.org merekomendasikan para ibu memasak ikan termasuk makarel dengan suhu minimal 62 derajat Celcius. Dikutip dari NHS, ibu hamil disarankan nggak mengonsumsi ikan salmon, makarel, trout, dan haring lebih dari dua porsi seminggu. Soalnya, dikhawatirkan ikan-ikan tersebut mengandung polutan seperti dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs).

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi