kehamilan

Bunda Harus Tahu, Kalori & Porsi Makan yang Diperlukan Ibu Hamil

Annisa Karnesyia Kamis, 04 Jul 2019 18:08 WIB
Bunda Harus Tahu, Kalori & Porsi Makan yang Diperlukan Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah asupan dan nutrisi. Nah, nutrisi sudah pasti mesti dipenuhi dari makanan ibu hamil yang dikonsumsi sehari-hari.

Asupan makanan ibu hamil tentu berbeda dengan asupan harian normal orang yang tidak hamil. Begitu pula kebutuhan kalorinya. Menurut Angka Kecukupan Gizi tahun 2013, kebutuhan kalori ibu hamil berbeda di tiap semester.

Di trimester pertama dibutuhkan tambahan sebanyak 180 kkal/hari, trimester kedua 300 kkal/hari, dan trimester ketiga sebanyak 300 kkal/hari. Demikian disampaikan dr.Merdina Manik, M.Gizi dari RSUD Kramat Jati.


Kata Merdina, butuh makanan yang tepat untuk memenuhi kalori si ibu. Sebagai tambahan, Bunda bisa memenuhinya dari bahan makanan yang mudah didapat.

"Contoh makanan yang bisa memenuhi tambahan kalori tersebut adalah bubur kacang ijo dan telur rebus satu buah, susu segelas dan telur rebus satu buah," ujar Merdina kepada HaiBunda.

Setelah memenuhi kalori, Bunda juga perlu tahu porsi makan harian yang tepat ya. Porsi makan ibu hamil, menurut Merdina, adalah porsi kecil tapi sering, dengan jadwal 3 kali makan utama dan 3 kali selingan.

"Makanan utama berupa nasi 150 gram, lauk dua potong dan sayur semangkok. Selingan dapat diberikan buah-buahan. Selingan malam dapat diberikan susu segelas," pungkasnya.

Bunda Harus Tahu, Kalori & Porsi Makan yang Diperlukan Ibu HamilBunda Harus Tahu, Kalori & Porsi Makan yang Diperlukan Ibu Hamil/ Foto: iStock

Sementara itu, ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes membedakan porsi makan ibu hamil sesuai kelompoknya yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Untuk karbohidrat, baiknya ibu hamil memilih karbohidrat kompleks, bukan sederhana.

"Jadi kita enggak bicara gula, sirup, kental manis. Kita bicara nasi, umbi, kentang dan tepung-tepuangan," kata Rita.

Porsi makan ibu hamil pun enggak perlu menggunakan piring khusus, Bun. Ingat saja kalau protein hewani dan nabatinya lebih besar. Nah, untuk lebih jelas, berikut porsi makan ibu hamil dibedakan kelompoknya menurut Rita.

1. Karbohidrat 6 porsi dengan nasi 1 porsi sebesar 100 gram

2. Daging, ikan atau protein hewani lain, sekitar 4 porsi. Satu porsinya adalah sepotong daging menu rumah tangga

3. Tempe dan kacang-kacangan 4 porsi, 1 porsinya 2 sdm (4 porsi berarti 8 sdm)

4. Sayur 4 porsi atau 2 genggaman sedang. Jika tidak, sayur semangkuk tanpa kuah.

5. Buah 4 porsi

6. Gula 2 porsi, 1 porsi 1 sdm

7. Minyak 6 porsi, 1 porsi 6 sdt.

Nah, informasi seputar kehamilan lainnya bisa Bunda lihat pada video di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi