kehamilan

4 Makanan yang Perlu Dipantang Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 09 Jul 2019 12:37 WIB
4 Makanan yang Perlu Dipantang Ibu Hamil
Jakarta - Saat hamil, Bunda sudah pasti enggak bisa makan sembarangan ya. Ini demi kesehatan janin dan Bunda sendiri. Nah, bagi ibu hamil apa aja makanan yang mesti dipantang?

"Ada beberapa kategori makanan yang perlu dihindari ibu hamil karena bisa berbahaya untuk kesehatan janin dan si ibu," ujar ahli gizi, Dr.dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes saat berbincang dengan HaiBunda.

Kata Rita, ada empat kategori makanan yang perlu dipantang ibu hamil, yaitu:


1. Makanan laut yang tercemar

Rita bilang, sekarang banyak perairan kita yang tercemar merkuri, Bun. Setuju ya? Makanya, ibu hamil harus tahu sumber makanan yang diasup dari mana. Jika ingin lebih aman, Rita menyarankan membeli ikan dari tambak atau peternakannya langsung.

"Ini demi enggak mentransfer racun pada bayi karena banyak banget pencemaran makanan dan ibu hamil rentan akan hal itu. Usahakan ibu hamil enggak konsumsi ikan besar di laut dalam misalnya tongkol besar. Kerang juga jangan. Sebab, kerang enggak punya organ penyaring. Sehingga, cemaran di dalam laut pasti ada di tubuh kerang," papar Rita.

2. Makanan mentah atau setengah matang

"Pada makanan mentah atau setengah matang ada bakteri di dalamnya. Sate, telur setengah matang, steak, sashimi, mayonnaise baiknya distop dulu deh ya selama hamil," kata Rita.

3. Sayur mentah.

Rita menyarankan, ibu hamil mengonsumsi sayur yang mesti diolah. Jika mau makan timun boleh, tapi kupas dulu kulitnya ya, Bun. Lagipula, lanjut Rita, sayuran mentah lebih sulit dicerna dan bukan enggak mungkin masih terdapat pestisida di sayuran tersebut.

"Tapi kalau sudah dicuci, istilahnya ditangani dengan baik, asal yakin betul ya enggak apa-apa. Meskipun, sayuran mentah secara umum lebih berisiko," tambah Rita.

ilustrasi makanan ibu hamililustrasi makanan ibu hamil/ Foto: Ari Saputra
4. Seluruh makanan olahan yang mengandung banyak campuran bahan tambahan pangan. Misalnya, makanan dengan tambahan zat penyedap rasa terlalu banyak, lalu pewarna, dan pengental. Untuk itu, Rita mengingatkan agar ibu hamil lebih jeli dalam membaca label pada kemasan produk.

Dihubungi terpisah, dr.Merdina Manik, M.Gizi dari RSUD Kramat Jati mengatakan pola makan yang perlu dihindari ibu hamil adalah konsumsi karbohidrat yang berlebih. Sebab, bisa meningkatkan berat badan yang berlebihan pada ibu hamil dan janin.

[Gambas:Instagram]



Terkait pantangan makan ibu hamil, Merdina bilang penelitian tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kekurangan energi kronis (KEK)
pada ibu hamil pernah dilakukan. Hasilnya, pada faktor pantang makanan adanya hubungan dengan kejadian KEK. Namun, berbeda dengan penelitian yang mengemukakan bahwa pantang makanan bukan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi keadaan KEK ibu hamil.



"Karena jenis makanan yang dipantang tidak mengandung zat gizi tinggi yang dapat memengaruhi status gizi pada ibu hamil. Jadi, meskipun berpantang makanan, ibu hamil masih berstatus gizi baik," tambah Merdina.

Bagi Bunda yang sedang hamil, cari tahu posisi tidur yang nyaman selama mengandung di video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi