kehamilan

Seberapa Perlu Tambahan Suplemen dalam Menu Makanan Ibu Hamil?

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Jul 2019 19:02 WIB
Seberapa Perlu Tambahan Suplemen dalam Menu Makanan Ibu Hamil?
Jakarta - Siapa sih yang enggak mauĀ perkembangan janin sehat dan kehamilan lancar. Banyak ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi atau mencoba menjamin kesehatan janin dengan minum suplemen. Tapi, sebenarnya perlu enggak sih, Bun?

Mengutip Baby Center, kenyataannya suplemen vitamin-mineral bisa menjadi jaminan yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil yang baik untuk tumbuh kembang optimal janin. Meskipun demikian, ingatlah bahwa konsumsi suplemen terlalu banyak sama bahayanya dengan terlalu sedikit.

Sebelum Bunda memilih suplemen, sebaiknya mintalah saran dari dokter kandungan. Biasanya, dokter hanya memberikan untuk kondisi kehamilan tertentu saja, Bun.


Kata dr.Merdina Manik, M.Gizi dari RSUD Kramat Jati, saat hamil terjadi peningkatan kebutuhan ibu hamil seperti kebutuhan mikronutrien. Bila tidak tercukupi dari asupan zat gizi, memang perlu diberikan tablet, seperti tablet besi.

"Selain itu, bila ibu hamil dianggap kurang asupan dapat juga diberikan suplemen multivitamin," kata Merdina kepada HaiBunda baru-baru ini.

Seberapa Perlu Tambahan Suplemen dalam Menu Makanan Ibu Hamil?Seberapa Perlu Tambahan Suplemen dalam Menu Makanan Ibu Hamil?/ Foto: Thinkstock

Ahli gizi Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes juga setuju, Bun. Sebelum memberikan suplemen, sebaiknya dicek dulu status gizi si ibu hamil.

Jika status gizinya tidak seimbang, misalnya karena anemia dan kurus, ibu hamil bisa mendapat tambahan suplemen zat besi mulai dari kehamilan sampai melahirkan atau di trimester tiga saja.

"Kalau makannya bagus dan enggak ada komplikasi, suplemen enggak dibutuhkan. Kecuali ibu hamil yang status gizinya enggak seimbang, seperti anemia. Biasanya diberikan zat besi satu tablet per hari," ujar Rita.

Jadi, sebaiknya tanya danĀ konsultasikan dulu ke dokter ya, Bunda. Jangan sembarangan mengonsumsi suplemen.

Nah, soal info kehamilan lainnya, Bunda bisa saksikan pada video di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]




(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi