sign up SIGN UP search


kehamilan

Perawatan Kulit yang Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Radian Nyi Sukmasari Senin, 23 Apr 2018 15:03 WIB
Karena ibu hamil juga ingin tampil fresh dan cantik. caption
Jakarta - Walaupun hamil, kita pasti ingin penampilan tetap oke kan, Bun? Makanya, kondisi kesehatan kulit pun tetap diperhatikan. Sehingga, beberapa perawatan pun dilakukan. Eits, tapi perawatannya nggak boleh sembarangan ya, Bun.

Dikatakan dr Wigati Bramundito SpKK, saat hamil memang ada perubahan pada kulit dan ini tergantung banget pada hormon kita. Alhasil, selama hamil ada ibu yang mengeluh jerawatan, terjadi pigmentasi pada kulitnya, atau timbul garis-garis. Kalau Bunda termasuk yang punya masalah dengan jerawat dan pigmentasi saat hamil, dr Wigati menyarankan konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin ya, Bun.

"Karena ada obat yang nggak boleh dikonsumsi saat hamil. Tapi kalau ibu mengeluh kulitnya kering dan gatal bisa dibantu atasi dengan pakai sabun yang mengandung pelembap," kata dr Wigati di sela-sela Grand Launching Buku 'Anti Panik Menjalani Kehamilan' oleh Tiga Generasi di Sheraton Grand Jakarta Hotel, baru-baru ini.


dr Wigati menyarankan gunakan pelembap terutama di bagian perut, Bun, untuk mencegah timbulnya garis-garis atau stretch mark. Kalau mau pakai bahan alami untuk mengurangi keluhan kulit gatal dan kering, minyak zaitun atau minyak kelapa bisa dipilih, Bun.



Nah, dikutip dari buku 'Anti Panik Menjalani Kehamilan', perawatan kulit yang bisa dilakukan ibu selama masa kehamilan, yaitu:

Kulit Wajah
1. Jagaa kondisi psikologis atau mental bunda agar tetap merasa nyaman dan senang.
2. Pakai pelembap kulit. Boleh pakai pelembap yang mengandung AHA, asam hialuronat, vitamin C dan vitamin E.
3. Pakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih.
4. Scrub dan masker wajah boleh dilakukan seminggu sekali.
5. Boleh melakukan facial satu kali sebulan.
6. Boleh melakukan chemical peeling pakai larutan AHA 1 kali sebulan.

Kulit Tubuh
1. Perbanyak konsumsi air putih, sayur, dan buah-buahan.
2. Mandi pakai air dingin atau hangat, jangan pakai air terlalu panas. Mandi pakai sabun yang mengandung pelembap ya, Bun.
3. Oleskan pelembap terutama di bagian perut untuk melembapkan kulit perut agar lebih elastis. Sehingga, sata perut membesar nggak gampang timbul striae (garis-garis kemerahan atau keunguan). Ibu hamil juga bisa pakai minyak zaitun, virgin coconut oil atau argan oil.

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi