kehamilan

Cara Mengatasi Suami yang Ngidam Ketika Istri Hamil

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 04 May 2018 18:00 WIB
Cara Mengatasi Suami yang Ngidam Ketika Istri Hamil
Jakarta - Nggak cuma istri, suami pun bisa ngidam ketika istri hamil, Bun. Kondisi ini disebut dengan couvade syndrome. Saat mengalami couvade syndrome, suami bisa merasakan gejala yang muncul saat wanita sedang hamil.

Sebenarnya, kondisi suami ngidam disebabkan stres jelang punya anak dan rasa empati terhadap istri. Ketika suami ngidam, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti dikutip dari buku 'Anti Panik Menjalani Kehamilan' yang disusun tim Tiga Generasi.

1. Berkomunikasi


Pasangan suami istri perlu banget berkomunikasi terbuka tentang rencana masa depan. Termasuk isu yang mungkin terjadi atau kegelisahan yang dirasa. Hal ini bisa menurunkan tingkat stres yang dialami suami dan istri khususnya suami yang mengalami couvade syndrome.

2. Akui dan Terima Kondisi yang Dialami

"Akui kalau memang diri sendiri mengalami gejala couvade syndrome. Dengan demikian kita bisa cari bantuan yang dibutuhkan dan mengatasinya dengan tepat," kata tim penulis.



3. Jaga Kondisi Tubuh dan Kesehatan

Jangan lupa, Bun, olahraga secara rutin bisa membantu menjaga kondisi fisik.

4. Cukup Istirahat dan Jaga Pola Makan

Kalau calon ayah mengikuti ngidam yang dirasa, ini berpotensi menyebabkan berat badan naik dan gangguan pencernaan. Untuk itu, penting banget memperhatikan apa yang dikonsumsi dan nutrisi yang dibutuhkan.

5. Cari Info tentang Kehamilan dan Proses Kelahiran

Dengan info yang cukup, diskusi terbuka bersama istri dan dokter, kemudian tahu proses yang dialami istri selama kehamilan, itu bisa membantu menurunkan rasa cemas dan stres pada calon ayah, Bun.

(rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi