kehamilan

Kumpulan Pertanyaan Seputar 'Bolehkah Ibu Hamil Makan...'

Nurvita Indarini Selasa, 17 Jul 2018 08:05 WIB
Kumpulan Pertanyaan Seputar 'Bolehkah Ibu Hamil Makan...'
Jakarta - Saat hamil, wajar banget muncul kekhawatiran terkait makanan yang diasup si ibu. Maklum ya, Bun, kandungan makanan yang dimakan ibu hamil pasti turut diasup oleh janin.

Nah, berikut ini beberapa pertanyaan ibu hamil tentang 'bolehkan ibu hamil makan...' yang sering kali ditanyakan atau dikhawatirkan. Yuk disimak bersama siapa tahu ada pertanyaan yang selama ini bikin galau.

1. Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan?


Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan?/Bolehkah Ibu Hamil Makan Mi Instan?/ Foto: Thinkstock


dr Hari Nugroho SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, dikutip dari detikHealth menuturkan mi instan banyak ditakuti kalangan ibu hamil karena tingginya kandungan MSG. MSG sendiri sendiri sebenarnya sudah dinyatakan aman oleh Food and Drug Administration (FDA) AS.

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menghubungkan MSG dengan kejadian cacat pada bayi di kandungan. Cuma yang biasanya jadi pertimbangan adalah bila mengonsumsi mi instan dalam jumlah besar dan berkepanjangan maka berimbas pada ketidakseimbangan gizi yang didapat. Akibatnya, ibu bisa kekurangan protein, serat, vitamin, sayur, dan mineral.

dr Kanadi Sumapraja, SpOG(K), MSc dari RS Royal Progress mewanti-wanti ibu hamil untuk memerhatikan asupan karbohidratnya. Ya, jangan sampai konsumsi makanan sumber karbohidrat berlebih justru bikin kita berisiko diabetes, Bun.

"Mi itu kan karbohidrat. Banyak ibu hamil yang mengalami obesitas dan beberapa di antaranya banyak konsumsi mi instan. Makanya hati-hati ya, Bun," pesan dr Kanadi.

2. Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas

Bolehkah Ibu Hamil Makan NanasBolehkah Ibu Hamil Makan Nanas Foto: iStock


Nanas pada dasarnya bagus karena kaya vitamin C, vitamin B, juga kalsium. Hanya saja, Bun, di dalam nanas muda ada enzim bromelain, yang bila dikonsumsi berlebihan bisa membuat mulut rahim jadi gampang terbuka.

Karena itu, dr Benny Johan Marpaung, SpOG, menyarankan ibu hamil memilih nanas yang manis untuk dikonsumsi. Selain itu jangan kebanyakan juga makannya ya, Bun, karena bisa memicu asam lambung.

Dikutip dari detikHealth, dr Ridwan SpOG dari RSIA Kemang Medical Care menjelaskan jumlah enzim bromelain dalam nanas sebenarnya sangat kecil sekali. Sehingga kalau nanas dikonsumsi ibu hamil dalam jumlah yang wajar, tidak akan menyebabkan perdarahan atau keguguran.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Nanas?

3. Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

3. Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian/3. Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian/ Foto: Istimewa


Sebuah penelitian mengungkapkan durian mengandung organosuplhur dan tryptophan yang berfungsi sebagai antioksidan. Karena itu sebenarnya ibu hamil makan durian tidak apa-apa.

Tapi perlu diingat ya, Bun, durian mengandung kadar gula dan karbohidrat yang tinggi. Karena itulah sebaiknya jangan mengonsumsi durian terlalu banyak.

Baca juga: Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Nanas, Durian, dan Mi?

4. Bolehkah Ibu Hamil Makan Satai

Bolehkah Ibu Hamil Makan Satai/Bolehkah Ibu Hamil Makan Satai/ Foto: Instagram


Bagi yang suka makan daging bakar, seperti satai, tentu makanan ini bisa jadi penyemangat makan saat mual dan muntah dirasakan di kehamilan yang masih muda ya, Bun. Tapi makan satai saat hamil aman nggak sih?

dr Yuslam Edi Fidianto SpOG menuturkan selama makanan yang dijual nggak ada peringatan dilarang untuk ibu hamil, semestinya boleh aja dikonsumsi. Tapi untuk makanan yang dibakar, sebaiknya diperhatikan baik-baik ya, Bun, karena makanan yang dibakar nggak bisa matang semuanya.

"Terus bisa aja yang kemakan arangnya. Apalagi kalau satai enaknya kan yang krenyes-krenyes gitu ya. Itu nggak bagus sebenarnya," ucap dr Yuslam.

Makan steak ataupun satai boleh-boleh saja, tapi kita harus pastikan benar bahwa dagingnya sudah matang sempurna alias nggak ada lagi bagian yang mentah.

Baca juga: Yang Perlu Diperhatikan Saat Ibu Hamil Hendak Makan Daging Kambing

5. Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Asam dan Pedas

Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Asam dan Pedas/Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Asam dan Pedas/ Foto: Thinkstock


Ibu hamil punya kecenderungan makan makanan asam dan pedas. Sebenarnya sih, Bun, nggak ada larangan untuk menghindari makanan yang asam dan pedas bagi ibu hamil.

Nutrisionis Leona Victoria Djajadi MND menuturkan mengonsumsi makanan pedas bisa memicu terjadinya diare. Nah, dalam keadaan hamil, kondisi buang air besar berkali-kali bisa menimbulkan stres pada ibu dan pasti bikin nggak nyaman. Belum lagi risiko dehidrasi saat kita terus-menerus buang air besar yang konsistensinya cair.

Memang ya, Bun, tidak semua orang bereaksi sama saat mengonsumsi makanan pedas dan asam. Tapi ada baiknya kita batasi konsumsi makanan yang asam dan pedas ya.

Baca juga: Ibu Hamil Hobi Konsumsi Makanan yang Pedas dan Asam, Bahaya Nggak Sih?


6. Bolehkah Ibu Hami Makan Sushi?

Bolehkah Ibu Hami Makan Sushi?/Bolehkah Ibu Hami Makan Sushi?/ Foto: Istimewa


Pertanyaan lainnya yang sering ditanyakan adalah bolehkah ibu hamil makan sushi dan sashimi? dr Yuslam bilang, tentunya boleh tapi kita pilih ikannya yang bagus dan harus matang sempurna. Selain itu, pesan dr Yuslam nih, Bun, pilih restorannya yang jelas ya atau jangan abal-abal.

Baca juga: Apa Sih Makanan yang Perlu Dipantang Ibu Hamil? (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi