kehamilan

Cara Menjaga Kualitas Indung Telur Saat Persiapan Kehamilan

Minggu, 13 Jan 2019 17:34 WIB
Cara Menjaga Kualitas Indung Telur Saat Persiapan Kehamilan
Jakarta - Calon ibu yang sedang mempersiapkan kehamilan harus mengatur asupan makan yang tepat. Hal ini disebabkan asupan makanan yang dikonsumsi memengaruhi kualitas indung telur saat hamil.

Head of Medical Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur, mengungkapkan bahwa indung telur merupakan salah satu organ reproduksi wanita yang sangat penting karena setiap bulannya akan menghasilkan sel ovum atau sel telur.


"Kualitas sel telur ini perlu dijaga karena ini yang menjadi cikal bakal janin," ujar dr. Muliaman kepada HaiBunda, Sabtu (12/1/2019).

dr. Muliaman menambahkan, asupan makanan yang tepat bagi calon ibu untuk menjaga kualitas indung telur adalah makanan yang mengandung asam folat. Faktanya, calon ibu hamil harus mendapatkan asupan asam folat 400 mikrogram setiap harinya.

"Asam folat sangat penting bagi wanita yang mau merencanakan kehamilan. Biasanya hamil diketahui jika sudah telat menstruasinya. Padahal, kehamilan terjadi sebelum itu, yaitu beberapa hari setelah sel telur bertemu dengan sperma dan tertanam di rahim, pada saat sel telur ini telah dibuahi. Maka mulai terjadi perbanyakan sel untuk pembentukan organ. Salah satunya sel saraf yang sangat membutuhkan asam folat," jelasnya.

Adapun makanan tinggi asam folat yang bisa dikonsumsi sehari-hari antara lain bayam, brokoli, jeruk, dan kacang-kacangan. Namun, jumlah asam folat pada makanan tersebut sangat sedikit sehingga harus harus difortifikasi atau ditambahkan dari suplemen dan susu khusus calon ibu hamil.


"Susu khusus calon ibu hamil adalah salah satu alternatif yang mudah untuk mendapatkan nutrisi untuk persiapan kehamilan. Susu ini difortifikasi sedemikian rupa untuk membantu persiapan kehamilan karena kandungan rendah gula, rendah lemak, zinc, asam folat, kalsium, dan zat beau. Kandungan tersebut juga membantu mempertahankan kehamilan muda agar tidak mudah keguguran," papar dr. Muliaman.

Kandungan tersebut bisa didapatkan dari PRENAGEN esensis. Susu persiapan kehamilan ini mengandung tiga nutrisi penting yakni asam folat, zinc, dan zat besi agar kesehatan reproduksi ibu terjaga dan lebih mampu untuk menikmati kehamilan nantinya. (ega/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi