sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Gangguan yang Mungkin Dialami di Usia Kehamilan 4 Bulan Serta Tips Mengatasinya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Sabtu, 30 Jul 2022 07:00 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

Setiap bertambahnya bulan dalam kehamilan, rasanya tak sabar ya ingin tahu perkembangan apa saja yang Si Kecil di dalam rahim Bunda. Perkembangan janin pun bisa dipantau di tiap trimesternya, mulai dari 1, 2, hingga 3.

Khusus trimester dua yakni usia kehamilan 4-6 bulan, janin sudah mengalami berbagai perkembangan ketimbang trimester 1 dan tubuh Bunda pun juga sudah mengalami penyesuaian yang lebih baik. Meski begitu, tetap saja ya akan ada berbagai perubahan lain pada tubuh yang mungkin saja terasa mengganggu kenyamanan Bunda.

Lantas, apa saja sih gangguan kehamilan yang mungkin dialami Bunda pada usia ke 4 bulan atau memasuki trimester kedua ini? Simak terus penjelasannya ya.  


Mengutip dari Myclevelandclinic, pada usia 4 bulan ini, detak jantung janin dapat terdengar melalui alat yang disebut doppler. Jari tangan dan kaki terdefinisi dengan baik. Kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, dan rambut terbentuk. Gigi dan tulang menjadi lebih padat. Janin bahkan dapat mengisap ibu jarinya, menguap, meregangkan tubuh, dan membuat wajah.
 
Masih banyak lagi perkembangan janin 4 bulan yang menyenangkan untuk Bunda ketahui lho, simak terus yuk. 

Perkembangan janin di usia 4 bulan

Melansir dari Timesofindia, pada usia 4 bulan, janin sudah tumbuh sebesar buah pir, Bunda. Sistem saraf mulai berfungsi. Organ reproduksi dan alat kelamin sekarang sepenuhnya berkembang.

Saat dilakukan USG pada usia ini, kelamin mulai terdiagnosis sebagai laki-laki atau perempuan saat lahir. Si Kecil sekarang memiliki panjang sekitar 11,6 cm dan berat sekitar 11 gram, yaitu seukuran buah pir.
 
Pada akhir bulan keempat, panjang janin sekitar 6 inci dan beratnya sekitar 4 ons. Tanda kehamilan sekarang lebih terlihat oleh semua orang. Cobalah makan makanan sehat, sesering Bunda merasa lapar. Tidak berarti Bunda makan porsi dobel ya.

Si Kecil akan mendapatkan nutrisi dari makanan yang Bunda konsumsi. Jika Bunda makan untuk dua orang, berat badan Bunda akan bertambah dan akan sangat sulit untuk menurunkan berat badan ekstra tersebut setelah Si Kecil lahir, Bunda. 

Begitu juga dengan perkembangan tulang punggungnya. Si Kecil kini sudah semakin kuat, bisa meluruskan kepala dan lehernya. Sistem saraf mereka juga terhubung ke otot mereka dan mereka akan mengembangkan kemampuan untuk menggenggam. Si kecil sekarang bahkan dapat mengambil tali pusar mereka dan bermain dengannya. Mereka bahkan bisa menguap di dalam rahim.

Pada usia ini juga, Si Kecil dinyatakan dapat menangkap suara dengan baik lho. Bahkan, menurut beberapa penelitian, bayi yang mendengar lagu saat mereka dalam kandungan dapat mengenali nada yang sama saat dimainkan setelah mereka lahir, Bunda. Menakjubkan ya.

Untuk tahu apa saja gangguan kehamilan yang bisa dialami di usia kehamilan 4 bulan ini, yuk kita simak di halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 ciri kehamilan sehat meskipun disertai gejala yang mangganggu.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
GEJALA GANGGUAN HAMIL 4 BULAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!