kehamilan

Menu Sarapan yang Pantang Dimakan Saat Hamil

Muhayati Faridatun Selasa, 12 Mar 2019 08:00 WIB
Menu Sarapan yang Pantang Dimakan Saat Hamil
Jakarta - Sarapan atau makan ringan di pagi hari sangat penting sebagai pemasok energi, sebelum Bunda memulai aktivitas. Terlebih bagi Bunda yang sedang hamil (bumil).

Biasanya, nafsu makan berkurang dan bumil jadi anti dengan beberapa makanan yang aromanya memicu mual. Sebagian besar bumil malah mengalami penurunan berat badan karena mual di awal kehamilan.

Nah, buat yang bumil yang terbebas dari mual, bukan berarti bisa mengasup makanan apa pun. Melansir What to Expect, bumil harus menghindari menu berikut, terutama saat sarapan:



1. Produk susu

Ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi. Alasannya karena listeria, salmonela, dan bakteri berbahaya lain bisa ditemukan dalam susu mentah dan keju lunak.

2. Seafood asap

Baiknya, bumil menghindari makanan laut yang diasap karena berisiko mengandung bakteri listeria. Tidak disarankan juga menyantap ikan yang mengandung merkuri tinggi.

"Contohnya ikan pedang (todak), hiu, makarel, dan kerang-kerangan. Kerang-kerangan saat ini banyak yang berasal dari lautan dangkal yang mengalami polusi dan mengandung merkuri di atas nilai ambang yang diizinkan," kata dr.Irfan Rahmatullah, Sp.OG, yang juga penulis buku 9 Bulan Dibuat Penuh Cinta Dibuai Penuh Harapan.

Ilustrasi menu sarapan ibu hamil/ Ilustrasi menu sarapan ibu hamil/ Foto: iStock
3. Telur mentah

Bunda yang sedang hamil sangat tidak dianjurkan makan telur mentah atau setengah matang. Olahlah telur hingga matang sempurna karena telur mentah bisa mengandung bakteri salmonela.

4. Makanan manis

Meskipun tidak hamil, Bunda juga harus mengontrol asupan dengan kadar gula tinggi. Roti kayu manis, yoghurt dengan buah-buahan bergula, donat, atau sarapan manis lainnya hanya akan mengantarkan gula darah ke dalam tubuh kita. Kalau lagi hamil, Bunda berisiko terkena diabetes gestasional.


Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat sarapan, baiknya bumil menyantap buah atau jus buah, susu kaya kalsium, roti gandum, atau sereal.

Manajer ahli diet dari Magee-Womens Hospital di Pittsburgh, Anne Ardine, menyarankan agar ibu hamil menerapkan diet sehat dengan merencanakan pola makan yang seimbang sepanjang kehamilan.

Menurutnya, sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan sepanjang hari.

"Lebih baik tidak mengonsumsi daging olahan seperti ham dan sosis saat sarapan. Daging olahan ini bukanlah menu makanan yang baik dikonsumsi wanita hamil. Karena dikhawatirkan berpotensi tercemar bakteri listeria dan tinggi natrium," tutur Anna, dikutip dari detikcom.


Bunda, simak juga ya tips sarapan sehat saat menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video 20detik]

(muf/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi