kehamilan

5 Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Sarapan

Amelia Sewaka Rabu, 09 Jan 2019 - 18.12 WIB
Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Sarapan/Foto: Istock Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat Sarapan/Foto: Istock
Jakarta - Sarapan dengan kandungan nutrisi yang baik adalah kesempatan bagus untuk memulai hari yang cerah untuk Bunda dan si calon bayi. Kenapa? Bunda pasti tahu, masa kehamilan bisa jadi masa yang berat untuk sebagian perempuan, bahkan dimulai dari bangun tidur.

Pemilihan menu sarapan sangat penting lho, Bun. Kita bisa memulai hari dengan konsumsi makanan sarat vitamin dan mineral untuk ibu hamil. Menurut Anna Ardine, manajer ahli diet dari Magee-Womens Hospital di Pittsburgh, wanita hamil harus menerapkan diet sehat dengan merencanakan pola makan yang seimbang sepanjang kehamilan. Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting karena dapat mengontrol pola makan sepanjang hari.

Untuk memastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi saat sarapan sebaiknya perhatikan kelompok makanan utama yang akan dimakan. Misalnya dengan menyajikan buah atau jus buah, susu kaya kalsium, dan roti gandum atau sereal.

"Lebih baik tidak mengonsumsi daging olahan seperti ham dan sosis saat sarapan. Daging olahan ini bukanlah menu makanan yang baik dikonsumsi wanita hamil. Karena dikhawatirkan berpotensi tercemar bakteri listeria dan tinggi natrium," tutur Anna dilansir detikcom.

Nah, berikut serangkaian kandungan dan contoh sarapan baik yang bisa bumil coba, dilansir What to Expect. Cek bersama ya Bunda.

5 Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat SarapanFoto: Istock



1. Kaya akan serat

Makanan tinggi serat yang Bunda konsumsi untuk sarapan, dapat membantu menurunkan kolestrol. Membuat Bunda kenyang lebih lama dan menjauhkan bumil sembelit.

Cari makanan yang setidaknya menawarkan 5 gram serat per sekali saji. Misalnya, oatmeal, biji chia dalam smoothie, omelet bayam, dan burrito isi kacang. Tambahan yoghurt yang dicampur buah seperti raspberry, stroberi, blueberry, dan jambu biji juga bagus lho, Bun.

2. Kaya protein
5 Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat SarapanFoto: Istock
Tiap makanan harian Bunda yang sedang hamil, wajib mengandung protein (setidaknya 75 gram sehari). Karena, bayi di kandungan butuh asam amino untuk tumbuh kuat.

Protein ini bisa Bunda dapat lewat konsumsi yoghurt Yunani atau Greek yoghurt. Kemudian, keju cottage, tahu, telur, selai kacang, telur dadar dengan keju Swiss atau Cheddar dan smoothie yang diresapi susu adalah pilihan padat dan lezat.

3. Berlimpah kalsium

Ibu hamil setidaknya membutuhkan 1.000 mg sehari kandungan kalsium untuk membantu tulang bayi tumbuh dan menjaganya tetap kuat. Maka, Bunda bisa mulai pagi hari dengan sarapan yoghurt yang kaya kalsiu, keju, jus jeruk, roti biji wijen, burrito, kacang almond, buah ara atau tahu orak-arik dengan bayam.




4. Biji-bijian

Bumil yang mengonsumsi biji-bijian utuh yang sehat, akan merasa kenyang karena kandungan karbohidratnya yang kompleks. Biji-bijian ini juga sarat vitamin B, nutrisi penting untuk pertumbuhan bayi.

Selain itu, biji-bijian juga memiliki dosis serat, zat besi dan mineral sehat. Biji-bijian sangat dicintai karena kandungannya yang baik dan sehat. Terutama bagi mereka yang punya perut sensitif, karena mengenyangkan dan cukup lunak. Contohnya roti gandum, sereal (pilih yang kurang gula), oatmeal, granola, dan bubur dengan bibit gandum.

5. Zat besi
5 Asupan yang Penting Dikonsumsi Ibu Hamil Saat SarapanFoto: Istock
Zat besi sangat penting untuk ibu hamil. Biasanya, bumil membutuhkan dua kali jumlah zat besi atau setara 27 mg sehari untuk memasok oksigen ke bayi dalam perut. Makanan kaya zat besi yang baik untuk sarapan termasuk buah kering, oatmeal, bayam, telur, tahu dan sereal yang kaya akan zat besi. (aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi