sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tips agar Bunda Tetap Sehat Saat Hamil Anak Kembar

Annisa Karnesyia Kamis, 31 Dec 2020 16:31 WIB
Hamil Anak Kembar caption
Jakarta -

Bunda saat ini tengah hamil anak kembar? Jangan lupa untuk jaga kondisi tubuh agarĀ kehamilan berjalan lancar sampai melahirkan ya.

Hamil anak kembar cukup berbeda dari hamil anak satu. Ibu hamil bisa berpotensi mengalami komplikasi dan efek samping yang berbeda lho.

Menurut penulis Mommy Rescue Guide Twins, Triplets, and More, Pamela Fiero, beberapa gejala kehamilan seringkali bertambah besar karena mengandung anak kembar. Kehamilan ini juga terkadang membawa risiko dan komplikasi.


"Kehamilan anak kembar bisa meningkatkan risiko ibu bertambah cemas dan takut. Kondisi fisik juga tidak nyaman selama kehamilan," kata Fierro, dikutip dari Very Well Family.

Hamil anak kembar juga bisa bikin ibu mudah lelah secara fisik. Beberapa ibu bahkan mengalami kesulitan tidur lho.

Nah, bagi Bunda yang hamil anak kembar, jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat sampai melahirkan. Mengutip Buku Pintar Ibu Hamil oleh Tim Navitri, berikut 7 tips agar ibu tetap sehat saat hamil anak kembar:

1. Lakukan terapi nutrisi

Penuhi kebutuhan nutrisi Bunda selama hamil anak kembar ya. Hal ini penting dilakukan pada semua ibu yang hamil anak kembar, tak peduli berapa berat badannya. Terapi nutisi bertujuan untuk memastikan pertumbuhan janin benar-benar optimal dan berat badan lahir lebih tinggi.

2. Lakukan diet seimbang

Diet seimbang yang dimaksud adalah memenuhi asupan nutrisi selama hamil. Bunda dapat mengonsumsi padi-padian, produk susu, buah, dan sayur segar.

Jangan lupa untuk konsumsi makanan berprotein, seperti ikan, ayam, daging, keju, kacang-kacangan, dan telur. Ingat ya, ibu hamil anak kembar memerlukan gizi sekitar 1,2 kali lebih banyak dibandingkan ibu hamil anak satu.

BACA HALAMAN BERIKUTNYA untuk tahu 5 tips lainnya ya, Bunda.

Simak juga ciri hamil dilihat dari perubahan kulit, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(ank/rap)
7 Tips agar Bunda Tetap Sehat Saat Hamil Anak Kembar
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi