kehamilan

Perkembangan Janin di Minggu ke-1 sampai ke-4 Kehamilan

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 22 Mar 2019 14:33 WIB
1. Minggu ke-1 dan ke-2
Minggu ke-1 dan ke-2

Minggu ke-1

Masa ini merupakan awal mula zigot terbentuk dan membelah diri menjadi dua sel dan seterusnya tanpa henti. Bentuk janin mirip seperti anggur (morula) dan ukurannya masih sebesar biji semangka.

Sel telur sudah berubah jadi blastocyst, yang mengapung ke dalam rahim dan akan membenamkan diri pada lapisan rahim. Embrio memiliki panjang 0,00 inchi dan berat 0,00 ons.

Minggu ke-2

Di minggu kedua, ukuran embrio 0,01-0,02 cm dan terdiri dari dua lapisan sel yaitu ectoderm dan endoterm, yang akan menjadi cikal bakal organ tubuh. Saat inilah, kehamilan mulai terdeteksi melalui hormon HCG dalam darah.

Ilustrasi perkembangan janinIlustrasi perkembangan janin Foto: iStock

Ovarium akan mengeluarkan sel telur matang (ovum) ke tuba falopi. Di sana, sel telur akan menunggu sperma yang bisa bertahan di area sepanjang 15,24 - 20,32 cm yang terletak di antara serviks dan rahim.

Setelah tertanam, embrio mulai menghasilkan zat kimia yang berfungsi memberi sinyal pada tubuh bahwa embrio sudah hadir dan menekan sistem imunitas Bunda, sehingga embrio tidak lagi diperlakukan seperti benda asing dan dibiarkan tumbuh.

Lapisan luar sel telur akan jadi kepompong yang merupakan awal terbentuknya plasenta dan sistem pendukung tempat embrio tumbuh.

Share yuk, Bun!

Rekomendasi